PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PRODUK DIGITAL JURUSAN KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN FIP UNNES


Hasna Rosyida Valentin, 1102413035 (2019) PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PRODUK DIGITAL JURUSAN KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN FIP UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PRODUK DIGITAL JURUSAN KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN FIP UNNES]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PRODUK DIGITAL JURUSAN KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN FIP UNNES) - Published Version
Download (728kB) | Preview

Abstract

Teknologi Pendidikan merupakan salah satu jurusan dari Fakultas Ilmu Pendidikan di UNNES. Mata kuliah di jurusan tersebut selama proses perkuliahan banyak menghasilkan produk berbasis digital, seperti media pembelajaran interaktif, animasi pembelajaran, mobile learning, dll. Saat ini, produk digital yang dihasilkan oleh mahasiswa hanya sekedar untuk pemenuhan kewajiban dinilaikan ke dosen pengampu setelah itu produk yang dihasilkan hanya tersimpan di laptop, hardisk, flashdisk, dan bahkan ada yang sudah hilang. Sebenarnya ada beberapa produk digital yang dihasilkan memiliki nilai manfaat bahkan ada yang memiliki nilai ekonomi. Melihat kondisi dan keadaan yang seperti itu, peneliti mengembangkan sistem informasi produk digital berbasis website dengan tujuan sebagai media penyimpanan yang dapat menampilkan produk dan menawarkan (menjual) produk digital sehingga produk digital dapat lebih bermanfaat. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, model pengembangan yang digunakan adalah model Borg and Gall kolaborasi dengan model Waterfall (pengembangan sistem). Sampel dalam penelitian ini adalah 70 mahasiswa jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UNNES. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah layak digunakan sebagai sistem informasi produk digital berbasis website. Hal tersebut dapat dilihat dari skor rata-rata validasi ahli media sebesar 85.4% untuk aspek desain dan tampilan, 85.7% untuk aspek kompabilitas, 87.5% untuk aspek usebilitas, dan 87,5% untuk aspek interaktif. Hasil uji coba terhadap sampel menunjukan hasil sebesar 87% untuk aspek visual, 87% untuk aspek interaktif, 84% untuk aspek kemudahan, 92% untuk aspek kemudahan, dan 90% untuk aspek efisiensi sistem. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan sistem informasi produk digital berbasis website yang dikembangkan layak untuk dijadikan media penyimpanan yang dapat menampilkan produk dan menawarkan (menjual) produk digital.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Sistem Informasi, Media Penyimpanan Website, Produk Digital,
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 28 Nov 2019 19:04
Last Modified: 28 Nov 2019 19:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33424

Actions (login required)

View Item View Item