Hubungan Antara Pola Pembinaan Dengan Perilaku Sosial Anak Di Panti Asuhan Sunu Ngesti Tomo Kabupaten Jepara.


Fahruddin Hardian., 1201401012 (2006) Hubungan Antara Pola Pembinaan Dengan Perilaku Sosial Anak Di Panti Asuhan Sunu Ngesti Tomo Kabupaten Jepara. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Hubungan Antara Pola Pembinaan Dengan Perilaku Sosial Anak Di Panti Asuhan Sunu Ngesti Tomo Kabupaten Jepara.]
Preview
PDF (Hubungan Antara Pola Pembinaan Dengan Perilaku Sosial Anak Di Panti Asuhan Sunu Ngesti Tomo Kabupaten Jepara.) - Published Version
Download (20kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pola pembinaan perilaku sosial anak di Panti Asuhan Sunu Ngesti Tomo Kabupaten Jepara; (2) Untuk mengetahui hubungan antara pola pembinaan dengan perilaku sosial anak di Panti Asuhan Sunu Ngesti Tomo Kabupaten Jepara. Berdasarkan tujuan di atas, permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pola pembinaan perilaku sosial anak di Panti Asuhan Sunu Ngesti Tomo Kabupaten Jepara? (2) Apakah ada hubungan antara pola pembinaan dengan perilaku sosial anak dalam Panti Asuhan Sunu Ngesti Tomo Kabupaten Jepara?. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini angket digunakan sebagai metode utama untuk mengungkap data mengenai pola pembinaan dengan perilaku sosial anak di Panti Asuhan Sunu Ngesti Tomo. Data penelitian dianalisis mengunakan rumus korelasi product moment nilai simpangan. Temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1).Partisipasi anak terhadap pembinaan di Panti Asuhan Sunu Ngesti Tomo yang meliputi; pembinaan agama sebanyak (40 %), pembinaan moral sebanyak (36,67 %), pembinaan fisik sebanyak (33,33 %) dan pembinaan keterampilan sebanyak (40 %). Partisipasi anak pada pembinaan di Panti Asuhan Sunu Ngesti Tomo tergolong sedang, tetapi ada kecenderungan ke kategori tinggi; (2). Kemampuan anak dalam berperilaku sosial di Panti Asuhan Sunu Ngesti Tomo yang meliputi: kerjasama sebanyak (38,33 %), persaingan sebanyak (33,33 %), kemurahan hati sebanyak (50 %), hasrat akan penerimaan sosial sebanyak (41,67 %), simpati sebanyak (43,33 %), empati sebanyak (35 %), ketergantungan sebanyak (41,67 %), sikap ramah sebanyak (50 %), tidak mementingkan diri sendiri sebanyak (45 %) dan meniru sebanyak (41,67 %). Partisipasi anak dalam berperilaku sosial di Panti Asuhan Sunu Ngesti Tomo tergolong sedang; (3).Ada hubungan yang positif antara variabel X (pola pembinaan) dan variabel Y (perilaku sosial anak) di Panti Asuhan Sunu Ngesti Tomo Kabupaten Jepara. Nilai simpangan indeks korelasi r hitung (0,329) lebih besar dari r tabel (0,254 maupun 0,317). Berdasarkan temuan di atas, disarankan: (1).Pembinaan yang ada di Panti Asuhan Sunu Ngesti Tomo Kabupaten Jepara yang dilakukan oleh pembina Panti Asuhan sudah cukup baik namun perlu ditingkatkan lagi melalui praktek di lapangan atau magang dalam mengembangkan pelatihan tentang agama, moral, fisik dan keterampilan pada anak sesuai dengan tuntutan masa yang akan datang; (2). Bagi anak-anak harus taat terhadap peraturan dan tata tertib yang berlaku di dalam Panti Asuhan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembinaa, perilaku, panti asuhan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2011 05:35
Last Modified: 15 Aug 2011 05:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3342

Actions (login required)

View Item View Item