HUBUNGAN PEMAHAMAN BACAAN DAN KEMAMPUAN PRAKTIK BIDANG KEJURUAN SISWA SMK


Yulyanto Dwi Prastyo Nugroho , 1102412063 (2019) HUBUNGAN PEMAHAMAN BACAAN DAN KEMAMPUAN PRAKTIK BIDANG KEJURUAN SISWA SMK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN PEMAHAMAN BACAAN DAN KEMAMPUAN PRAKTIK BIDANG KEJURUAN SISWA SMK]
Preview
PDF (HUBUNGAN PEMAHAMAN BACAAN DAN KEMAMPUAN PRAKTIK BIDANG KEJURUAN SISWA SMK) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Data Badan Pusat Statistika per Agustus 2018 menunjukkan lulusan SMK menjadi penyumbang terbesar pengangguran terbuka. Permasalahan ini menjadi perhatian khusus dalam pendidikan di Indonesia. Tingkat pengangguran lulusan SMK yang tinggi ini karena adanya ketimpangan antara pendidikan di sekolah dengan kebutuhan industri serta perkembangan teknologi dan informasi. Dalam teori kognitif, membaca menjadi jalan awal diperolehnya keterampilan kerja. Pandangan mengenai SMK yang hanya dipersiapkan untuk kerja telah mengurangi makna dan proses pendidikan kejuruan. Pemahaman bacaan sebagai salah satu literasi dasar yang wajib dimiliki dan sebagai sumber pengetahuan siswa SMK mendorong untuk dikaji lebih lanjut. Diperlukan penelitian mengenai hubungan kemampuan pemahaman bacaan dengan kemampuan praktik bidang kejuruan sebagai bentuk dukungan untuk lebih memperhatikan aspek pendidikan selain kemampuan praktik. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu menjelaskan fenomena berdasarkan aturan logika, hukum, dan secara ilmiah dalam bentuk pengangkaan hubungan antara kemampuan pemahaman bacaan siswa SMK kelas XI dan XII yang dipilih secara cluster random sampling dengan memberikan tes sebagai data primer yang dikorelasikan dengan hasil akademik praktik kejuruan siswa berupa penilaian kinerja menggunakan pearson product moment Hasil temuan penelitian menunjukkan adanya hubungan signifikan positif antara pemahaman bacaan dan kemampuan praktik sebesar 0.155 dengan arti bahwa keduanya berhubungan dan bergerak beriringan namun lemah. Hubungan lebih besar telihat pada kejuruan yang berhubungan dengan teknologi seperti listrik, komputer, arsitektur. Sedangkan kejuruan yang berhubungan dengan bangunan dan otomotif tidak memiliki hubungan yang signifikan dan cenderung negatif. Kemampuan pemahaman bacaan siswa SMK masih banyak yang berada di kategori sedang dan rendah. Selain itu terdapat hubungan yang positif cukup besar pada bidang kejuruan yang berhubungan dengan teknologi informasi. Berdasarkan teori belajar kognitif dan hasil penelitian, perlu adanya perhatian yang lebih terhadap pengembangan kemampuan dasar terutama pemahaman bacaan pada siswa SMK.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sekolah Menengah Kejuruan, Pemahaman Bacaan, Praktik Kejuruan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 28 Nov 2019 16:18
Last Modified: 28 Nov 2019 16:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33417

Actions (login required)

View Item View Item