PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMK SETIABUDHI SEMARANG


KEVIN MUHAMMAD AZHARI , 1102412051 (2019) PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMK SETIABUDHI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMK SETIABUDHI SEMARANG]
Preview
PDF (PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMK SETIABUDHI SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya pro dan kontra dari pemberlakuan Kurikulum 2013 yang merupakan suatu gagasan dan sebuah komitmen pemerintah dalam rangka usaha meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Upaya pelaksanaan Kurikulum 2013 yang diberlakukan pada tahun 2013-2014 menimbulkan banyak kendala. Banyak dari tenaga pendidik dengan kebijakan pemerintah yang baru ini, termasuk guru Pendidikan Agama Islam yang mengalami kendala karena pada Kurikulum 2013 memiliki inti utama untuk membentuk karakter peserta didik yang meliputi pada sistem penilaian guru PAI agar dapat seobjektif dan seefektif mungkin. Berawal dari itulah peneliti melakukan penelitian Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas X Di SMK Setiabudhi Semarang. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) bagaimana implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI terhadap pembentukan karakter siswa. (2) faktor apa saja yang menjadi pendukung serta penghambat dalam implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI dalam membentuk karakter siswa. (3) serta yang terakhir bagaimana solusi yang ditempuh agar kendala tersebut dapat diatasi tenaga pendidik di SMK Setiabudhi Semarang. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan mengambil latar guru Pendidikan Agama Islam kelas X. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode. (1) Wawancara (interview), (2) Pengamatan (observasi) dan (3) Dokumentasi. Selanjutnya analisa data yang dilakukan adalah dengan: (1). Teknik keabsahan data dengan mengunakan triangulasi sumber data. (2). Analisa selama pengumpulan data yakni secara induktif dengan mengunakan analisa deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pembentukan Karakter Siswa sebagai Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pendidikan Agama Islam Kelas X di SMK Setiabudhi Semarang diperoleh bahwa secara umum sudah dapat berjalan dengan baik mulai dari tahap persiapan sampai tahap evaluasi. Baik itu mencakup dari perencanaan, penyusunan, serta pelaksanaan yang sudah dirancang pada awal tahun dalam rapat sekolah yang diikuti seluruh warga sekolah, sehingga dapat mencakup pembentukan karakter pada masing-masing peserta didik dapat terpenuhi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kurikulum 2013, Pendidikan Agama Islam, Pembentukan Karakter
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 28 Nov 2019 15:39
Last Modified: 28 Nov 2019 15:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33414

Actions (login required)

View Item View Item