PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN TAMBAKAJI 03 KOTA SEMARANG


Ayu Rizki Fadilah , 1401415033 (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN TAMBAKAJI 03 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN TAMBAKAJI 03 KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN TAMBAKAJI 03 KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial adalah salah satu mata pelajaran yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas siswa dibidang nilai dan sikap, pengetahuan, serta kecakapan dasar siswa yang khususnya berpijak pada kehidupan nyata dan kehidupan sosial masyarakat pada umumnya. Berdasarkan permasalahan di lapangan, hasil belajar siswa kelas IV SDN Tambakaji 03 masih tergolong rendah dikarenakan minimnya penggunaan media pembelajaran dan belum adanya bahan ajar selain buku guru dan buku siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar IPS berbasis mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa di kelas IV SDN Tambakaji 03, Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah Research and Develponment (R&D) dengan menggunakan model penelitian dan pengembangan yang dikembangkan oleh Sugiyono. Prosedur penelitian yang dilakukan oleh peneliti meliputi, (1) Potensi dan masalah; (2) Pengumpulan data; (3) Desain produk; (4) Validasi desain; (5) Revisi; (6) Uji coba produk; (7) Revisi produk; dan (8) Uji coba pemakaian. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tambakaji 03 dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Produk penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar IPS berbasis mind mapping sangat layak digunakan berdasarkan penilaian ahli media dengan persentase 98%, ahli materi 93% dan ahli bahasa 93%. Bahan ajar IPS berbasis mind mapping terbukti efektif dibuktikan dengan uji peningkatan rata-rata hasil belajar pretest dan posttest siswa sebesar 0,47 dan uji perbedaan rata-rata sebesar13,271. Simpulan dari penelitian ini adalah bahan ajar IPS berbasis mind mapping layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran IPS materi Keragaman di Indonesia untuk kelas IV.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, mind mapping, IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 29 Nov 2019 14:20
Last Modified: 29 Nov 2019 14:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33413

Actions (login required)

View Item View Item