KEEFEKTIFAN MODEL PAIR CHECK BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS SUDIRMAN PEKALONGAN
Khansania Zulfa , 1401415015 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL PAIR CHECK BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS SUDIRMAN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PAIR CHECK BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS SUDIRMAN PEKALONGAN)
- Published Version
Download (928kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan data dokumen berupa hasil belajar siswa kelas IV SD Gugus Sudirman Pekalongan didapat bahwa hasil belajar IPS kurang maksimal, dikarenakan pembentukan kelompok yang dilakukan guru hanya berdasarkan teman sebangku sehingga dalam menciptakan kelompok belajar belum heterogen. Maka perlu adanya perlakuan yaitu dengan penerapan model pair check, karena model tersebut dapat menciptakan kegiatan diskusi siswa menjadi lebih efektif dan melatih siswa untuk berpikir kritis serta memungkinkan siswa aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan model pair check berbantuan media flashcard terhadap hasil belajar IPS dan mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental atau eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Gugus Sudirman Pekalongan dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas IV SDN Sapuro 01 sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SDN Sapuro 05 sebagai kelas kontrol dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Tes hasil belajar yang digunakan berupa pretest dan posttest yang berbentuk pilihan ganda. Analisis data yang digunakan yaitu uji hipotesis, uji gain, dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pair check berbantuan media flashcard efektif digunakan pada pembelajaran IPS materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung adalah 2,899, sedangkan nilai ttabel yaitu 2,005. thitung lebih besar dari ttabel (2,899 ˃ 2,005) yang berarti model pair check berbantuan media flashcard lebih efektif terhadap hasil belajar IPS. Hasil uji n-gain kelas eksperimen lebih tinggi yaitu nilai n-gain kelas kontrol adalah 0,268 termasuk dalam kriteria rendah sedangkan nilai n-gain kelas eksperimen adalah 0,511 termasuk dalam kriteria sedang. Pengamatan aktivitas siswa dengan lembar observasi menunjukkan rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 77% dibandingkan kelas kontrol yaitu 59%. Simpulan penelitian ini yaitu model pair check berbantuan media flashcard efektif terhadap hasil belajar muatan pembelajaran IPS. Pembelajaran dengan menggunakan model pair check sebaiknya memperhatikan beberapa hal, yaitu perencanaan pembelajaran dan keterampilan guru dalam pengelolan kelas yang baik sehingga pembelajaran berjalan dengan efektif dan efisien.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar; IPS, keefektifan; pair check. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 13:54 |
Last Modified: | 28 Nov 2019 13:54 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33410 |
Actions (login required)
View Item |