PENGEMBANGAN BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS MATERI JENIS USAHA EKONOMI SISWA KELAS V SDN KANDRI 01


Dwi Lestari , 1401415013 (2019) PENGEMBANGAN BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS MATERI JENIS USAHA EKONOMI SISWA KELAS V SDN KANDRI 01. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS MATERI JENIS USAHA EKONOMI SISWA KELAS V SDN KANDRI 01]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS MATERI JENIS USAHA EKONOMI SISWA KELAS V SDN KANDRI 01) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data prapenelitian yang dilakukan di SDN Kandri 01 Kota Semarang melalui observasi, angket, wawancara dan dokumentasi, terdapat permasalahan dalam pembelajaran IPS terkait dengan penggunaan media pembelajaran yang kurang bervariasi. Media pembelajaran IPS yang digunakan hanya sebatas gambar dan buku teks siswa. Cakupan materi IPS dalam buku teks siswa kurang mendalam yang ditujukan umum untuk seluruh selolah dasar di Indonesia belum mencakup karakteristik kebutuhan sekolah di daerah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana cara mengembangkan buku saku berbasis mind mapping?.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji cara mengembangkan buku saku berbasis mind mapping. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono dengan 8 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; 4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian. Populasi peelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Kandri 01 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni tes, angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal dan analisis data akhir. Hasil penelitian menunjukan bahwa buku saku berbasis mind mapping sangat layak digunakan dengan presentase kelayakan penyajian oleh ahli media sebesar 93,75%, kelayakan isi oleh ahli materi sebesar 83% dan kelayakan bahasa oleh ahli bahasa sebesar 81,25%. Hasil uji perbedaan rata-rata menggunakan uji t diperoleh thitung 13,853 > ttabel 2,021 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest. Peningkatan ratarata (N-gain) data pretest dan posttest diperoleh sebesar 0,49 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah buku saku berbasis mind mapping layak dan efektif digunakan pada pembelajaran muatan IPS materi jenis usaha ekonomi. Saran penelitian selanjutnya dapat menerapkan buku saku berbasis mind mapping pada muatan pembelajaran lainnya dengan memperbaiki tampilan desain dan menyesuaikan media dengan materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku saku, Mind mapping, IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 28 Nov 2019 14:06
Last Modified: 28 Nov 2019 14:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33409

Actions (login required)

View Item View Item