KEEFEKTIFAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTUAN MEDIA FLIPCHART TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS SUPRIYADI SEMARANG


Ika Kurniawati , 1401415009 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTUAN MEDIA FLIPCHART TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS SUPRIYADI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTUAN MEDIA FLIPCHART TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS SUPRIYADI SEMARANG]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTUAN MEDIA FLIPCHART TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD GUGUS SUPRIYADI SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan data dokumen hasil belajar siswa kelas IV SD Gugus Supriyadi Semarang didapat bahwa hasil belajar muatan pembelajaran IPS kurang maksimal dikarenakan pembelajaran belum optimal, guru cenderung menggunakan model kelompok belajar secara berpasangan dengan teman sebangku sehingga belum heterogen. Maka perlu adanya perlakuan yaitu penerapan model Team Assisted Individualization karena dapat menciptakan kegiatan diskusi siswa menjadi lebih efektif dan melatih siswa untuk berpikir kritis serta memungkinkan siswa aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan model Team Assisted Individualization berbantuan media flipchart terhadap hasil belajar muatan pembelajaran IPS dan mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental atau eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Gugus Supriyadi Semarang, sedangkan yang menjadi sampel adalah siswa kelas IV SDN Kalicari 03 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SDN Kalicari 01 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Tes hasil belajar yang digunakan berupa pretest dan posttest yang berbentuk pilihan ganda. Analisis data yang digunakan yaitu uji hipotesis, uji n-gain, dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Team Assisted Individualization berbantuan media flipchart efektif digunakan pada pembelajaran IPS materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung yaitu 3,129, sedangkan nilai ttabel yaitu 1,997. thitung lebih besar dari ttabel (3,129 ˃ 1,997) yang berarti model pembelajaran Team Assisted Individualization berbantuan media flipchart ebih efektif terhadap hasil belajar muatan pembelajaran IPS. Hasil uji n-gain untuk kelas kontrol sebesar 0,287334593 yang menunjukkan peningkatan pada taraf rendah, sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 0,461538462 yang menunjukkan peningkatan pada taraf sedang. Simpulan penelitian ini yaitu model Team Assisted Individualization berbantuan media flipchart efektif digunakan pada pembelajaran IPS dan meningkatkan hasil belajar siswa. Pembelajaran dengan menggunakan model Team Assisted Individualization sebaiknya memperhatikan beberapa hal, yaitu perencanaan pembelajaran dan manajemen waktu ketika diskusi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; IPS ; keefektifan; Team Assisted Individualization
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 28 Nov 2019 14:08
Last Modified: 28 Nov 2019 14:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33407

Actions (login required)

View Item View Item