Hasil Belajar IPS, Lingkungan Belajar, Kedisiplinan Belajar
Ika Andriani , 1401414404 (2019) Hasil Belajar IPS, Lingkungan Belajar, Kedisiplinan Belajar. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (Hasil Belajar IPS, Lingkungan Belajar, Kedisiplinan Belajar)
- Published Version
Download (558kB) | Preview |
Abstract
Gangguan pendengaran yang dialami siswa tunarungu membawa dampak terhadap perkembangan sosial-emosional dalam pembentukan kepribadian yang dapat dikembangkan melalui ekstrakurikuler seni tari. Tujuan penelitian ini: a) mendeskripsikan upaya pengembangan kepribadian siswa tunarungu oleh guru melalui kegiatan ekstrakurikuler seni tari di SLB Negeri Kendal dan b) mendeskripsikan bentuk kepribadian siswa tunarungu yang dikembangkan melalui kegiatan ekstrakurikuler seni tari di SLB Negeri Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif berlokasi di SLB Negeri Kendal dengan sumber data kepala sekolah, guru ekstrakurikuler seni tari, dan 6 siswa tunarungu. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan serta pengujian keabsahan data menggunakan uji triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Upaya pengembangan kepribadian siswa tunarungu oleh guru melalui kegiatan ekstakurikuler seni tari di SLB Negeri Kendal dilakukan melalui a) pengajaran contoh konkret, b) pemberian bimbingan sebagai dasar pengembangan rasa percaya anak, c) materi tari disesuaikan dengan karakteristik anak tunarungu, d) metode yang digunakan peniruan dan demonstrasi, dan e) evaluasi dilakukan dengan cara pengamatan tentang kemampuan prestasi dan perubahan perilaku siswa tunarungu; dan 2) Bentuk kepribadian siswa tunarungu yang dikembangkan melalui kegiatan ekstrakurikuler seni tari di SLB Negeri Kendal meliputi kepribadian yang a) mudah menyesuaikan diri, b) berprestasi, c) sabar d) ulet, dan e) berhati-hati. Berdasarkan hasil penelitian, kegiatan ekstrakurikuler seni tari di SLB Negeri Kendal dapat mengembangkan kepribadian siswa tunarungu. Saran dalam penelitian, siswa tunarungu diharapkan lebih fokus dan serius ketika latihan menari, guru lebih meningkatkan kreativitas pada materi dan metode, serta sekolah lebih mendukung dan menambah fasilitas kegiatan ekstrakurikuler seni tari
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kepribadian; siswa tunarungu; ekstrakurikurikuler seni tari |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 14:14 |
Last Modified: | 28 Nov 2019 14:14 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33404 |
Actions (login required)
View Item |