PENGARUH LINGKUNGAN DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN GUGUS KARTINI KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL


Dimas Ashif Firmansah , 1401414307 (2019) PENGARUH LINGKUNGAN DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN GUGUS KARTINI KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH LINGKUNGAN DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN GUGUS KARTINI KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (PENGARUH LINGKUNGAN DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN GUGUS KARTINI KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (916kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan salah satu indikator untuk mengetahui sukses atau tidaknya penyelenggaraan pendidikan. Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya lingkungan belajar dan kedisiplinan belajar. Siswa yang mempunyai lingkungan belajar yang baik akan memengaruhi hasil belajar yang diperoleh. Begitu pula siswa yang mempunyai kedisiplinan belajar tinggi akan memengaruhi nilai hasil belajar yang tinggi. Fakta empiris menujukkan rata-rata hasil belajar IPS terdapat beberapa siswa yang belum tuntas. lingkungan belajar siswa masih kurang baik. Kedisiplinan belajar siswa masih kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar IPS kelas V SD Se-Gugus Kartini Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal. Penelitian menggunakan metode ex post facto. Teknik pengambilan sampel penelitian ini yaitu simple random sampling. Instrumen penelitian yaitu pedoman wawancara tidak terstruktur, dokumen Ulangan Tengah Semester (UTS) IPS pada semester genap tahun ajaran 2017/2018, serta angket lingkungan belajar dan kedisiplinan belajar yang telah valid dan reliabel. Analisis deskriptif menggunakan pedoman konversi skala-5 dan rumus nilai indeks. Data penelitian telah memenuhi uji prasyarat analisisyaitu uji normalitas, linearitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas. Uji hipotesis yaitu analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, analisis regresi berganda, analisis korelasi ganda, uji koefisien regresi secara bersama-sama, dan uji determinasi. Hasil penelitian yaitu (1) Ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar IPS dengan hasil penelitian dan korelasi keduanya sebesar (0,312) atau rendah. Besar sumbangan lingkungan belajar terhadap hasil belajar IPS sebesar 9,7%; (2) Ada pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar IPS dan korelasi keduanya dalam kategori rendah (0,315). Besar sumbangan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar IPS sebesar 9,9%; (3) Ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar IPS dan korelasi ganda dalam kategori tinggi (0,8318). Besar sumbangan lingkungan belajar dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar IPS sebesar 11,2%. Dengan demikian, terdapat pengaruh lingkungan belajar dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar IPS. Saran penelitian yaitu (1) sebaiknya siswa memperbaiki kualitas teman sepergaulan untuk belajar di rumah, (2) sebaiknya guru menanamkan karakter disiplian dengan menegur siswa yang tidak tertib pada saat pembelajaran berlangsung, (3) hendaknya sekolah menyediakan pelatihan karakter untuk menciptakan iklim disiplin yang tertanam dalam kehidupan siswa sehari-hari di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPS, Lingkungan Belajar, Kedisiplinan Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 28 Nov 2019 14:15
Last Modified: 28 Nov 2019 14:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33403

Actions (login required)

View Item View Item