PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA DAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS IV GUGUS SUDIRMAN KECAMATAN GAJAHMUNGKUR KOTA SEMARANG


Gladi Ikhtiar Pangestu , 1401414261 (2019) PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA DAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS IV GUGUS SUDIRMAN KECAMATAN GAJAHMUNGKUR KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA DAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS IV GUGUS SUDIRMAN KECAMATAN GAJAHMUNGKUR KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA DAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS IV GUGUS SUDIRMAN KECAMATAN GAJAHMUNGKUR KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (533kB) | Preview

Abstract

Menulis puisi merupakan suatu bagian dari keterampilan menulis yang berkaitan erat dengan keterampilan berbahasa yang lain. Keterampilan bahasa yang dimaksud ialah penguasaan kosakata dan membaca pemahaman. Siswa yang menguasai kosakta dengan baik serta memiliki kemampuan membaca pemahaman yang tinggi, maka akan baik pula keterampilan menulis puisi siswa. Fakta di SD Gugus Sudirman Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang menunjukan bahwa siswa masih memiliki permasalahan belajar terkait keterampilan menulis puisi, kurangnya penguasaan kosakata, dan pemahaman terkait bacaan. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) adakah pengaruh penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis puisi kelas IV SD Gugus Sudirman Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang? 2) adakah pengaruh membaca pemahaman siswa terhadap keterampilan menulis puisi kelas IV SD Gugus Sudirman Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang? 3) adakah pengaruh penguasaan kosakata dan membaca pemahaman bersama-sama terhadap keterampilan menulis kelas IV SD Gugus Sudirman Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang? Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasi. Teknik sampel yang digunakan adalah sampling jenuh atau saturation sampling dengan sampel sebanyak 112 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji hipotesis menggunakan uji korelasi sederhana serta uji korelasi ganda, yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa: (1) ada pengaruh penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis puisi siswa, dengan kontribusi sebesar 56%; (2) ada pengaruh membaca pemahaman terhadap keterampilan menulis puisi, dengan kontribusi sebesar 60,2%; (3) ada pengaruh penguasaan kosakata dan membaca pemahaman terhadap keterampilan menulis puisi siswa dengan kontribusi sebesar 71,5%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa antara penguasaan kosakata dan membaca pemahman baik secara bersama-sama atau terpisah, terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SD Gugus Sudirman Kota Semarang. Saran untuk guru hendaknya memberikan sosialisasi kepada orang tua dan siswa tentang pentingnya penguasaan kosakata dan membaca pemahaman supaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya keterampilan menulis puisi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: penguasaan kosakata, membaca pemahaman, keterampilan menulis puisi.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 28 Nov 2019 14:16
Last Modified: 28 Nov 2019 14:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33402

Actions (login required)

View Item View Item