KEEFEKTIFAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTUAN FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA SISWA KELAS 1 SDN GUGUS DWIJA KRIDA MIJEN


Roni Hartono , 1401414254 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTUAN FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA SISWA KELAS 1 SDN GUGUS DWIJA KRIDA MIJEN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTUAN FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA SISWA KELAS 1 SDN GUGUS DWIJA KRIDA MIJEN]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTUAN FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA SISWA KELAS 1 SDN GUGUS DWIJA KRIDA MIJEN) - Published Version
Download (737kB) | Preview

Abstract

Masalah yang ditemukan di SDN Gugus Dwija Krida adalah (1) Masih banyak siswa kelas I bahkan kelas II yang belum lancar membaca. (2) Guru kesulitan dalam meningkatkan kemampuan membaca beberapa anak yang kurang bisa membaca. (3) Proses pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang monoton dengan metode ceramah. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menguji keefektifan metode NHT berbantuan Flashcard terhadap hasil belajar membaca siswa kelas I SDN Gugus Dwija Krida Mijen. (2) Meningkatkan aktifitas membaca siswa kelas I SDN Gugus Dwija Krida Mijen. Penelitian ini menggunakan desain penelitian (True Experimental Design). Dari dua bentuk quasi eksperimen penulis memilih bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis data awal, dan analisis data akhir. Berdasarkan hasil perhitungan, pada kelas eksperimen diperoleh nilai zhitung = 1,745743 dan ztabel = 1,64 maka H0 ditolak karena nilai zhitung > ztabel. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai zhitung = -3,92792 dan ztabel = 1,64. Dari hasil uji perbedaan rata-rata didapatkan hasil thitung = 3,54031371 dengan ttabel = 2,05. Berdasarkan hasil uji peningkatan rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen didapatkan nilai N-Gain = 0,504587 dengan kategori sedang. Sedangkan pada kelas kontrol didapatkan nilai N-Gain = 0,296460177 dengan kriteria rendah. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan metode NHT berbantuan Flashcard efektif dalam meningkatkan hasil belajar membaca siswa SDN Gugus Dwija Krida Mijen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: NHT (Numberad Haed Together); Flashcard; Membaca
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 28 Nov 2019 14:17
Last Modified: 28 Nov 2019 14:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33401

Actions (login required)

View Item View Item