PENGARUH KEDISIPLINAN DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD SE-GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN TARUB KABUPATEN TEGAL


Moh Abu Hori , 1401414247 (2019) PENGARUH KEDISIPLINAN DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD SE-GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN TARUB KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH KEDISIPLINAN DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD SE-GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN TARUB KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (PENGARUH KEDISIPLINAN DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD SE-GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN TARUB KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (640kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan, diperoleh informasi bahwa rata-rata hasil belajar siswa SD kelas V SD se-Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal tergolong kurang memuaskan. Hasil belajar merupakan salah satu indikator untuk mengetahui sukses atau tidaknya penyelenggaraan pembelajaran. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya adalah kedisiplinan dan kebiasaan belajar siswa yang masih kurang baik. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kedisiplinan dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SD se-Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal sebanyak 242 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 155 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Probability Sampling dengan jenis Simple Random Sampling. Instrumen penelitian yaitu pedoman wawancara tidak terstruktur, dokumen Ulangan Tengah Semester (UTS) pada semester gasal tahun ajaran 2018/2019, serta angket kedisiplinan dan kebiasaan belajar yang telah valid dan reliabel. Analisis akhir dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana, analisis korelasi sederhana, analisis regresi ganda, analisis korelasi ganda, analisis determinasi (R2), dan analisis regresi secara bersama-sama (uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan kedisiplinan terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai thitung>ttabel (18,394>1,975) dengan pengaruh sebesar 68,9%; (2) ada pengaruh yang signifikan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai thitung>ttabel (17,431>1,975) dengan pengaruh sebesar 66,5%; (3) ada pengaruh yang signifikan kedisiplinan dan kebiasaan belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung>Ftabel (292,501>3,055) dengan pengaruh sebesar 79,4%. Dapat disimpulkan bahwa kedisiplinan dan kebiasaan belajar secara signifikan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V SD se-Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal. Saran peneliti hendaknya ada kerjasama yang baik antara guru, pihak sekolah, dan orang tua untuk memberikan pengarahan dan bimbingan kepada siswa dalam menerapkan kedisiplinan serta membentuk pola kebiasaan belajar siswa baik saat di sekolah maupun di rumah sehingga dapat mengoptimalkan perolehan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kedisiplinan; kebiasaan belajar; hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 28 Nov 2019 14:20
Last Modified: 28 Nov 2019 14:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33399

Actions (login required)

View Item View Item