PENGEMBANGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR BERBASIS AUDIO-VISUAL PADA MUATAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI SEKARAN 2 KOTA SEMARANG


Bagas Probo Sunu , 1401414228 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR BERBASIS AUDIO-VISUAL PADA MUATAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI SEKARAN 2 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR BERBASIS AUDIO-VISUAL PADA MUATAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI SEKARAN 2 KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR BERBASIS AUDIO-VISUAL PADA MUATAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI SEKARAN 2 KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (828kB) | Preview

Abstract

Ditemukan data di SD Negeri Sekaran 2 Kota Semarang bahwa media dan sumber belajar pembelajaran IPS masih terbatas. Media yang tersedia untuk muatan IPS materi Rumah Adat Indonesia belum menyampaikan informasi secara lengkap dan guru hanya menggunakan buku siswa untuk penyampaian materi. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa masih ada yang di bawah KKM Oleh karena itu, diperlukan pengembangan media kartu bergambar Rumah Adat Indonesia yang mendukung dalam pembelajaran IPS kelas IV. Dari permasalahan tersebut, penelti merumuskan masalah dalam penelitian ini, yaitu ; (1) Bagaimana pengembangan media kartu bergambar ?; (2) Bagaimana kelayakan media kartu bergambar ?; dan (3) Bagaimana keefektifan media kartu bergambar ? Penelitian ini menggunakan metode Research and Development yang dikembangkan Sugiyono, dimodifikasi menjadi sembilan langkah. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase, uji validitas, uji reliabilitas, dan N-gain. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD Negeri Sekaran 02 Kota Semarang dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang dalam kuru waktu bulan Desember 2018 sampai bulan Mei 2019. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) media kartu bergambar yang dikembangkan adalah kartu berukuran 9x12 cm yang terbuat dari kertas Ivory dan dilengkapi dengan materi yang disesuaikan dengan kebutuhan guru dan siswa. (2) kelayakan media kartu bergambar dilihat dari penilaian ahli materi 86% (sangat layak), ahli media 90% (sangat layak), (3) keefektifan media kartu bergambar dilihat dari hasil belajar kognitif siswa. Peningkatan hasil belajar kognitif dari rata-rata 52 menjadi 76 dan memiliki peningkatan nilai signifikan N-gain 0,541. Diperkuat hasil angket tanggapan guru dan siswa uji skala besar memperoleh persentase 97,5% dan 100%, Simpulan penelitian ini adalah media kartu bergambar layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPS materi Rumah Adat Indonesia pada siswa kelas IV SD Negeri Sekaran 02 Kota Semarang. Dalam penelitian ini, peneliti juga memberikan saran agar media kartu bergambar dapat dikembangkan lagi dalam hal desain pengembangan, sehingga tingkat kebermaknaan dalam penggunaan media kartu bergambar ini semakin meningkat dengan inovasi-inovasi sesuai dengan perkembangan teknologi yang semakin berkembang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, media kartu bergambar, hasil belajar IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 28 Nov 2019 14:21
Last Modified: 28 Nov 2019 14:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33398

Actions (login required)

View Item View Item