HUBUNGAN ANTARA ADVERSITY QUOTIENT DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN OPTIMISME AKADEMIK PADA SISWA DI SMP NEGERI 1 WANADADI


Ita Anindya Wardani , 1301415015 (2019) HUBUNGAN ANTARA ADVERSITY QUOTIENT DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN OPTIMISME AKADEMIK PADA SISWA DI SMP NEGERI 1 WANADADI. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA ADVERSITY QUOTIENT DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN OPTIMISME AKADEMIK  PADA SISWA DI SMP NEGERI 1 WANADADI]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA ADVERSITY QUOTIENT DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN OPTIMISME AKADEMIK PADA SISWA DI SMP NEGERI 1 WANADADI) - Published Version
Download (944kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena optimisme akademik di kalangan siswa SMP Negeri 1 Wanadadi, didukung dengan adversity quotient serta tingkat dukungan sosial siswa. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara adversity quotient dan dukungan sosial dengan optimisme akademik pada siswa. Jenis peneltian ini adalah penelitian expost facto dengan desain peneltian deskriptif korelasional, dengan populasi seluruh siswa yang berjumlah 690 orang, teknik sampling yang digunakan adalah jenis stratified random sampling sehingga di dapatkan sampel sejumlah 234 siswa. Alat pengumpulan data menggunakan skala optimisme akademik, skala adversity quotient dan skala dukungan sosial yang masing-masing reliabilitasnya 0,936, 0,936, dan 0,937. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, serta analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara adversity quotient terhadap optimisme akademik siswa di SMP Negeri 1 Wanadadi (p=0,00, β=0,604) dalam artian semakin tinggi adversity quotient siswa maka semakin tinggi tingkat optimisme akademik pada siswa. (2) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial terhadap optimisme akademik pada siswa di SMP Negeri 1 Wanadadi (p=0,00, β=0,147) dengan artian semakin tinggi tingkat dukungan sosial siswa maka semakin tinggi tingkat optimisme akademik pada siswa. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara adversity quotient, dukungan sosial terhadap optimisme akademik pada siswa di SMP Negeri 1 Wanadadi dengan (p=0,000, R= 0,629, F=106,317). Sehubungan dengan hasil penelitian ini diharapkan kepada guru BK untuk bekerja sama dengan pihak sekolah maupun orangtua siswa dengan memantau perkembangan siswa, misalnya membangun serta mengembangkan optimisme akademik serta memberikan layanan berupa bimbingan kelompok, konseling kelompok, maupun layanan klasikal untuk memberi pemahaman terkait meningkatkan adversity quotient, serta memberikan dukungan sosial.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: optimisme akademik, adversity quotient, dukungan sosial
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 28 Nov 2019 14:28
Last Modified: 28 Nov 2019 14:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33395

Actions (login required)

View Item View Item