KETERKAITAN ANTARA BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V GUGUS SETIABUDI, JUWANA PATI


Amalia Pertiwi , 1401413188 (2019) KETERKAITAN ANTARA BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V GUGUS SETIABUDI, JUWANA PATI. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KETERKAITAN ANTARA BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V GUGUS SETIABUDI, JUWANA PATI]
Preview
PDF (KETERKAITAN ANTARA BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V GUGUS SETIABUDI, JUWANA PATI) - Published Version
Download (727kB) | Preview

Abstract

Pendidikan di Indonesia terbagi menjadi tiga jalur, yaitu pendidikan formal, pendidikan informal, dan pendidikan non formal (UU No. 20 tahun 2003 pasal 13 ayat 1). Pendidikan Informal adalah jalur pendidikan keluarga dan lingkungan, maka keluarga memiliki peranan dalam memberikan pendidikan bagi anak Indonesia. Keterlibatan orang tua dalam memberikan bimbingan belajar kepada anaknya bervariasi. Minat belajar, yang merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa masih bervariasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui keterkaitan antara bimbingan belajar dari orang tua dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V gugus setiabudi, Juwana Pati. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan dianalisis menggunakan model interaktif menurut Miles dan Huberman yang terdiri atas tiga alur bersamaan, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi (Miles dan Huberman, 209: 20). Secara umum orang tua hampir memenuhi kebutuhan bimbingan belajar untuk anak. Bimbingan belajar secara langsung memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa di sekolah, namun orang tua lebih banyak memberikan bimbingan belajar secara tidak langsung. Minat belajar anak di rumah bervariasi cenderung rendah. Semenara itu wali kelas mengatakan bahwa tugas rumah siswa masih tetap baik. Berdasarkan penelitian, disimpulkan bahwa peran orang tua memberi bimbingan belajar di rumah untuk anak dalam bentuk bimbingan belajar secara langsung memberi pengaruh positif pada hasil belajar anak. Semakin baik bimbingan belajar dari orang tua maka, semakin baik hasil belajar siswa. Minat belajar siswa di rumah bervariasi cenderung rendah. Minat belajar siswa di rumah mempengaruhi hasil belajar siswa di sekolah. Semakin baik minat belajar siswa di rumah maka, semakin baik hasil belajar siswa di sekolah. Bimbingan belajar dari orang tua dan minat belajar siswa di rumah secara bersama-sama memberi pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Gugus Setiabudi Juwana Pati. Semakin baik bimbingan belajar dari orang tua dan semakin tinggi minat belajar siswa di rumah maka semakin baik pula hasil belajar siswa di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bimbingan belajar, minat belajar, hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 29 Nov 2019 14:20
Last Modified: 29 Nov 2019 14:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33393

Actions (login required)

View Item View Item