IDENTITAS ETNIS DAN KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF (STUDI KOMPARATIF PADA SISWA ETNIS JAWA DAN ETNIS TIONGHOA) DI SMA KARANGTURI SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Ismi Fatimah , 1301415026 (2019) IDENTITAS ETNIS DAN KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF (STUDI KOMPARATIF PADA SISWA ETNIS JAWA DAN ETNIS TIONGHOA) DI SMA KARANGTURI SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of IDENTITAS ETNIS DAN KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF (STUDI KOMPARATIF PADA SISWA ETNIS JAWA DAN ETNIS TIONGHOA) DI SMA KARANGTURI SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019]
Preview
PDF (IDENTITAS ETNIS DAN KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF (STUDI KOMPARATIF PADA SISWA ETNIS JAWA DAN ETNIS TIONGHOA) DI SMA KARANGTURI SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019) - Published Version
Download (633kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan atas fenomena masyarakat Indonesia yang bermacam-macam, seperti agama, ras, dan etnis. Indonesia sendiri memiliki berbagai macam etnis, contohnya etnis Jawa dan etnis Tionghoa. Siswa sebagai subjek dalam penelitian ini juga tidak lepas dari lingkungan masyarakat yang berbeda-beda tersebut. Guru BK sebagai salah satu pihak yang bertanggung jawab atas perkembangan siswa, haruslah memiliki kesadaran terhadap perbedaan budaya tersebut sehingga dapat memberikan layanan yang tepat bagi siswa. Pada penelitian ini etnis Jawa yang menjadi etnis mayoritas di Indonesia diduga memiliki tingkat identitas etnis yang tinggi, namun di SMA Karangturi, etnis Jawa menjadi etnis minoritas dan etnis Tionghoa menjadi etnis mayoritas, sehingga hal ini mempengaruhi eksplorasi dan komitmen etnis Jawa. Begitu pula dengan kesejahteraan subjektif bagi etnis Jawa dan Tionghoa. Dimana etnis Tionghoa diduga kesejahteraannya berorientasi pada kesuksesan finansial, sedangkan etnis Jawa lebih berorientasi pada sosial. Dengan kondisi etnis Jawa dan Tionghoa yang berbeda, diduga mempengaruhi orientasi kesejahteraan antara kedua etnis tersebut. Selanjutnya penelitian ini juga akan meneliti mengenai perbandingan identitas etnis pada siswa etnis Jawa dan Tionghoa, didasarkan pada dua hasil penelitian sebelumnya yang memperoleh hasil yang berbeda. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan identitas etnis dan kesejahteraan subjektif pada siswa etnis Jawa dan etnis Tionghoa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif bersifat komparatif dua sampel independen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa etnis Jawa sebanyak 30 siswa dan siswa etnis Tionghoa sebanyak 37 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dimana sampel diperoleh berdasarkan kriteria yang diperlukan oleh peneliti. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala identitas etnis dan skala kesejahteraan subjektif. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif persentase dan analisis independent sample t-test. Hasil penelitian menunujukan adanya perbedaan identitas etnis pada siswa etnis Jawa dan etnis Tionghoa dengan nilai signifikansi sebesar 0,046 (p<0,05). Siswa etnis Jawa lebih tinggi tingkat identitas etnisnya dibanding etnis Tionghoa Selain itu penelitian ini menununjukan bahwa terdapat perbedaan kesejahteraan subjekti pada siswa etnis Jawa dan etnis Tionghoa dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p>0,05). Siswa etnis Jawa memiliki tingkat kesejahteraan subjektif lebih tinggi. Perbedaan tersebut diduga karena nilai-nilai yang dianut masing-masing etnis berbeda-beda sehingga menimbulkan perbedaan dalam kesejahteraan subjektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: identitas etnis, kesejahteraan subjektif, etnis Jawa, etnis Tionghoa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 27 Nov 2019 18:37
Last Modified: 27 Nov 2019 18:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33389

Actions (login required)

View Item View Item