HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA SMK NEGERI SE-WILAYAH SEMARANG TIMUR
Siti Asianty Alizar , 1301415025 (2019) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA SMK NEGERI SE-WILAYAH SEMARANG TIMUR. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA SMK NEGERI SE-WILAYAH SEMARANG TIMUR)
- Published Version
Download (756kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena pada SMK Negeri 2, Semarang yang menunjukkan bahwa siswa memiliki kemampuan komunikasi interpersonal yang rendah. Disisi lain, konsep diri dan kepercayaan diri siswa berada pada kategori tinggi. Hal ini menunjukkan adanya kesenjangan antara teori dan fenomena yang terjadi. Seharusnya, apabila siswa memiliki konsep diri dan kepercayaan diri yang tinggi, maka kemampuan komunikasi interpersonalnya pun berada pada kategori tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat komunikasi interpersonal, (2) mengetahui tingkat konsep diri, (3) mengetahui tingkat kepercayaan diri, (4) mengetahui hubungan antara konsep diri dengan kemampuan komunikasi interpersonal, (5) mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan kemampuan komunikasi interpersonal, (6) mengetahui hubungan antara konsep diri dan kepercayaan diri dengan kemampuan komunikasi interpersonal siswa SMK Negeri se-Wilayah Semarang Timur. Desain penelitian ini adalah ex post facto, dengan sampel yang digunakan berjumlah 320 dari 4.251 populasi siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling dan proportionate stratified random sampling. Alat pengumpul data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan skala konsep diri, skala kepercayaan diri, dan skala komunikasi interpersonal. Validitas instrument penelitian ini menggunakan validitas konstruk dan reliabilitasnya dengan rumus Cronbach Alpha. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial dengan teknik regresi ganda. Hasil analisis deskriptif kuantitatif menunjukkan bahwa tingkat komunikasi interpersonal, konsep diri dan kepercayaan diri masuk dalam kategori tinggi. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dan kemampuan komunikasi interpersonal (R=0,564, F=148,169, p=<0,05). Kemudian antara kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi interpersonal juga terdapat hubungan yang signifikan (R=0,568, F=151,758, p=<0,05). Begitu pula hubungan antara konsep diri dan kepercayaan diri dengan kemampuan komunikasi interpersonal juga memiliki hubungan yang signifikan (R=0,627, F=102,596, p=<0,05). Berdasarkan hasil tersebut, maka guru BK diharapkan dapat memberikan pelayanan bimbingan dan konseling terkait konsep diri, kepercayaan diri, dan komunikasi interpersonal agar siswa dapat mengembangkan potensi dalam diri melalui hubungan komunikasi interpersonalnya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep Diri, Kepercayaan Diri, Komunikasi Interpersonal |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 27 Nov 2019 18:38 |
Last Modified: | 27 Nov 2019 18:38 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33388 |
Actions (login required)
View Item |