IMPLEMENTASI LIVE VIDEO FACEBOOK MENGGUNAKAN SMARTPHONE OLEH MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN SEBAGAI SARANA PENUNJANG BLENDED LEARNING


KURNIAWAN BAEHAQI , 1102412050 (2019) IMPLEMENTASI LIVE VIDEO FACEBOOK MENGGUNAKAN SMARTPHONE OLEH MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN SEBAGAI SARANA PENUNJANG BLENDED LEARNING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI LIVE VIDEO FACEBOOK MENGGUNAKAN SMARTPHONE OLEH MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN SEBAGAI SARANA PENUNJANG BLENDED LEARNING]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI LIVE VIDEO FACEBOOK MENGGUNAKAN SMARTPHONE OLEH MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN SEBAGAI SARANA PENUNJANG BLENDED LEARNING) - Published Version
Download (966kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan semakin berkembangya teknologi informasi dan komunikasi namun belum dimanfaatkan sepenuhnya dalam bidang pendidikan. Pada penelitian ini teknologi informasi yang ingin di optimalkan penggunaanya adalah teknologi live video, dimana teknologi ini memungkinkan kita bisa berkomunikasi dua arah dengan banyak orang sekaligus. Aplikasi yang digunakan adalah media sosial milik Facebook, sehingga penelitian ini difokuskan ke fitur live video milik Facebook. Dalam bidang pendidikan telah dikenal dengan adanya metode Blended Learning, dimana pada dasarnya metode ini ingin memadukan antara pembelajaran offline dan pembelajaran online atau dengan kata lain untuk memadukan teknologi dan pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi live video facebook oleh mahasiswa Teknologi Pendidikan, kemudian untuk mengetahui proses melakukan live video facebook oleh mahasiswa Teknologi Pendidikan, dan untuk mengetahui Kendala apa saja yang terjadi dalam proses pemanfaatan live video facebook. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam dan observasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif denga jenis penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian yang sudah didapat menunjukan mahasiswa teknologi pendidikan cukup memahami konsep dasar blended learning dan maksud dari penggunaan live video facebook dengan metode blended learning. Live video facebook memberikan solusi untuk pembelajaran agar tetap bisa berlangsung walaupun terpisah dengan jarak yang jauh dan tetap bisa berkomunikasi dua arah, namun harus adanya dukungan koneksi Internet. Proses yang dilakukan meliputi 4 langkah, tahap persiapan, pemilihan peserta, proses penerimaan notifikasi oleh peserta, dan penyampaian materi. Kendala yang muncul adanya penggunaan aplikasi facebook lite, kecepatan internet yang kurang memadai, dan kurangnya pemahaman mahasiswa tentang proses implementasinya. Solusinya adalah dengan meningkatkan infrastruktur internet di lingkungan mahasiswa sehingga kecepatan internetnya meningkat, kemudian dengan memberikan mereka informasi lebih tentang metode blended learning dan tatacara menggunakan live video dengan aplikasi facebook.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Live Video, Teknologi Pendidikan, Blended Learning
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 27 Nov 2019 14:38
Last Modified: 27 Nov 2019 14:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33382

Actions (login required)

View Item View Item