Implementasi Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 SD Negeri 2 Tegowanu Wetan Sebagai Pilot Project di Kabupaten Grobogan


Bayu Pamungkas , 1102412041 (2019) Implementasi Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 SD Negeri 2 Tegowanu Wetan Sebagai Pilot Project di Kabupaten Grobogan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Implementasi Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 SD Negeri 2 Tegowanu Wetan Sebagai Pilot Project di Kabupaten Grobogan]
Preview
PDF (Implementasi Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 SD Negeri 2 Tegowanu Wetan Sebagai Pilot Project di Kabupaten Grobogan) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Apapun kurikulumnya, yang terpenting adalah guru dituntut lebih profesional merancang pembelajaran efektif dan bermakna. Penelitian ini bertujuan menemukan deskripsi tentang (1) Persepsi guru terhadap pembelajaran berbasis kurikulum 2013, (2) Implementasi Kurikulum 2013, (3) Kendala yang dialami guru pada implementasi kurikulum 2013, (4) Cara guru mengatasi kendala pada implementasi kurikulum 2013 di SD Negeri 2 Tegowanu Wetan. Metode penelitian kualitatif studi kasus. Sumber penelitian informan, tempat dan peristiwa berlangsungnya ativitas pembelajaran, arsip serta dokumen. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen dengan menggunakan tekhnik proposive sampling. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi data, dan triangulasi metode, teknik analisis data interaktif meliputi, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disumpulkan: (1) Persepsi guru terhadap pembelajaran berbasis kurikulum 2013 sudah baik untuk dimengerti namun guru tetap masih membutuhkan kegiatan sosilisasi dan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi dalam proses kegiatan pembelajaran; (2) Implementasi Kurikulum 2013 di SD Negeri 2 Tegowanu Wetan belum berjalan maksimal, hal ini disebabkan karena sebagian guru belum memahami dengan baik dalam penyusunan perangkat pembelajaran misalnya, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), silabus, program tahunan, program semester dan penilaian. Hal ini antara lain disebabkan beberapa faktor seperti minimnya komunikasi yang terbangun secara intensif sesama guru kelas dan kepala sekolah melalui wadah KKG untuk berbagi pengetahuan. Kendala yang dialami guru dalam implementasi kurikulum 2013 di SD Negeri 2 Tegowanu Wetan adalah masalah fasilitas pembelajaran seperti media pembelajaran, buku guru dan buku siswa, LCD dan sebagainya yang masih terbatas, untuk itu diharapkan kreativitas dari guru itu sendiri untuk mampu menyediakan media pembelajaran sehingga tidak terkesan bahwa guru tersebut hanya memanfaatkan satu media saja; serta administrasi yang dipersiapkan terlalu banyak. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala pada implementasi kurikulum 2013 di SD Negeri 2 Tegowanu Wetan adalah penyediaan fasilitas pembelajaran serta mengoptimalkan KKG sebagai sarana komunikasi dan pemecahan masalah pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pembelajaran, Kurikulum 2013
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 27 Nov 2019 14:28
Last Modified: 27 Nov 2019 14:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33381

Actions (login required)

View Item View Item