HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU AGRESI VERBAL PADA SISWA DI SMP NEGERI 4 UNGARAN


Azka Fikri Karim , 1301414104 (2019) HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU AGRESI VERBAL PADA SISWA DI SMP NEGERI 4 UNGARAN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU AGRESI VERBAL PADA SISWA DI SMP NEGERI 4 UNGARAN]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU AGRESI VERBAL PADA SISWA DI SMP NEGERI 4 UNGARAN) - Published Version
Download (708kB) | Preview

Abstract

Pada tahun 2012, siswa SMK di Depok tewas dikarenakan terlibat tawuran yang disebabkan saling mengejek, korbannya DT berasal dari SMK Baskara Depok (Media Online). Tidak dipungkiri lagi agresi verbal merupakan kebalikan dari budaya Indonesia yaitu bertutur kata sopan dan santun. Salah satu faktor kepribadian yang mempengaruhi munculnya perilaku agresi yaitu kontrol diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang agresi verbal pada Siswa, mengetahui gambaran kontrol diri pada Siswa dan mengetahui apakah ada hubungan antara agresi verbal dengan kontrol diri pada Siswa di SMP Negeri 4 Ungaran Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa di SMP Negeri 4 Ungaran. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 238. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Proporsive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa skala agresi verbal yang terdiri dari 27 aitem, dengan tingkat reliabilitas sebesar 0,883 dan skala kontrol diri yang terdiri dari 29 aitem, dengan tingkat reliabilitas sebesar 0,835. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh simpulan bahwa kontrol diri berkorelasi secara positif dengan perilaku agresi verbal. Namun, hasil korelasi menunjukkan bahwa faktor kontrol diri berkontribusi rendah terhadap perilaku agresi verbal, sehingga terdapat faktor lain diluar kontrol diri yang memungkinkan berpengaruh terhadap munculnya agresi verbal diantara faktor psikologi, lingkungan, genetik, sosial, biologis. Secara umum kontrol diri pada Siswa berada dalam sedang. Pada perilaku agresi verbal Siswa berada dalam kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian, maka Siswa supaya lebih bersikap sopan dan santun ketika berbicara dengan orang lain, dan Siswa dapat menyelesaikan permasalahannya secara baik-baik dan diharapkan Siswa selalu jujur serta terbuka terhadap permasalahan dengan teman-temannya. Orangtua diharapkan dapat lebih memperhatikan cara dan intensitas berkomunikasi dengan anaknya agar dapat lebih memahami, mengendalikan, dan mengajarkan hal yang baik terhadap anaknya. Sekolah juga perlu melakukan pemberikan informasi mengenai dampak perilaku agresi verbal kepada Siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kontrol Diri, Perilaku Agresi Verbal Siswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 27 Nov 2019 14:24
Last Modified: 27 Nov 2019 14:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33380

Actions (login required)

View Item View Item