KEEFEKTIFAN KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR (REB) TEKNIK DESENSITISASI SISTEMATIS UNTUK MEREDUKSI KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN PADA SISWA DI SMP N 3 UNGARAN


Renny Sulistiyoningrum , 1301414082 (2019) KEEFEKTIFAN KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR (REB) TEKNIK DESENSITISASI SISTEMATIS UNTUK MEREDUKSI KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN PADA SISWA DI SMP N 3 UNGARAN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR (REB) TEKNIK DESENSITISASI SISTEMATIS UNTUK MEREDUKSI KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN PADA SISWA DI SMP N 3 UNGARAN]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR (REB) TEKNIK DESENSITISASI SISTEMATIS UNTUK MEREDUKSI KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN PADA SISWA DI SMP N 3 UNGARAN) - Published Version
Download (830kB) | Preview

Abstract

Kecemasan menghadapi ujian yang tinggi akan menurunkan performa dan motivasi siswa dalam mengerjakan ujian sehingga hasil ujian yang didapatkan kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan konseling pendekatan Rational Emotive Behavior (REB) dengan teknik desensitisasi sistematis untuk mereduksi kecemasan menghadapi ujian pada siswa kelas VIII di SMP N 3 Ungaran. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pra-eksperimen One Group Pretest-Posttest. Desain penelitian ini dilakukan tanpa adanya kelompok kontrol sehingga peneliti cukup membandingkan hasil pre-test dan post-test untuk mengetahui perubahan kecemasan menghadapi ujian pada siswa sesudah diberikan perlakuan. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan random assignment. Berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi penelitian dipilih 5 siswa sebagai subjek penelitian dari 36 siswa yang memiliki kecemasan menghadapi ujian dalam kategori tinggi dan sangat tinggi. Untuk selanjutnya, kelima subjek penelitian ini diberikan perlakuan berupa konseling pendekatan Rational Emotive Behavior (REB) teknik desensitisasi sistematis selama 8 sesi dengan durasi waktu konseling 40 menit disetiap sesinya Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kecemasan menghadapi ujian hasil adaptasi dari Test Anxiety Inventory milik Spielberger dengan koefisien 0.449-0.817 dan reliabilitas sebesar 0.935. Adanya penurunan skor kecemasan menghadapi ujian dari yang semula kategori tinggi dan sangat tinggi sebelum mendapatkan perlakuan turun menjadi kecemasan menghadapi ujian kategori rendah sesudah diberikan perlakuan serta hasil analisis data menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test yang menunjukan bahwa konseling pendekatan Rational Emotive Behavior dengan teknik desensitisasi sistematis efektif untuk mereduksi kecemasan menghadapi ujian pada siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kecemasan menghadapi ujian yang dimiliki siswa dapat direduksi melalui konseling individual. Oleh karena itu guru BK senantiasa berupaya untuk mengembangkan kompetensi profesionalnya. Guru BK disarankan mengikuti seminar atau pelatihan soft-skill tentang keterampilan dan teknik yang digunakan dalam konseling individual. Peneliti selanjutnya perlu melakukan guide imagery dalam latihan rileksasi terutama

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Desensitisasi Sistematis; Kecemasan Menghadapi Ujian; Rational Emotive Behavior (REB)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 27 Nov 2019 14:28
Last Modified: 27 Nov 2019 14:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33378

Actions (login required)

View Item View Item