KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK REFRAMING UNTUK MENURUNKAN PERILAKU AGRESIF SISWA DI SMP NEGERI 7 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2018/2019


Ummu Habibah , 1301414073 (2019) KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK REFRAMING UNTUK MENURUNKAN PERILAKU AGRESIF SISWA DI SMP NEGERI 7 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2018/2019. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK REFRAMING UNTUK MENURUNKAN PERILAKU AGRESIF SISWA DI SMP NEGERI 7 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2018/2019]
Preview
PDF (KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK REFRAMING UNTUK MENURUNKAN PERILAKU AGRESIF SISWA DI SMP NEGERI 7 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2018/2019) - Published Version
Download (650kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan yang ditemukan di lapangan yaitu terdapat sejumlah siswa di sekolah yang secara sengaja berperilaku agresif seperti memukul dan mencubit temannya, berkata kasar, menghina, mengejek serta merusak fasilitas milik sekolah dan temannya, sehingga menyebabkan sakit fisik seperti memar dan luka bagi yang mendapatkan perlakuan fisik dan sakit hati bagi siswa yang dihina serta rusaknya fasilitas milik pihak sekolah maupun barang-barang pribadi milik teman-temannya. Perilaku agresif ini tidak hanya dilakukan siswa terhadap temannya saja, namun juga terhadap guru seperti melawan dan mencemooh guru ketika belajar. Penggunaan layanan konseling kelompok dengan teknik reframing diharapkan dapat membantu mengurangi perilaku agresif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa layanan konseling kelompok teknik reframing dapat mengurang perilaku agresif siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Sukoharjo, yang berjumlah 154 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Sampel yang diambil adalah subjek yang sesuai dengan karakteristik yang dibutuhkan dalam penelitian yaitu siswa yang memiliki perilaku agresif tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku agresif siswa di SMP Negeri 7 Sukoharjo sebelum dan sesudah diberikannya treatment berupa layanan konseling kelompok dengan teknik reframing mengalami penurunan skor rata-rata sebesar 27 atau setara dengan 11%. Kenaikan skor ini memberikan pengaruh terhadap kategori yang diperoleh dari sebelumnya yang termasuk dalam kategori perilaku agresif tinggi dapat mengalami perubahan menjadi kategori perilaku agresif sedang. Perubahan atau penurunan kategori skor dikarenakan oleh adanya respon positif dari siswa yang memiliki keinginan untuk merubah diri dan mau mengikuti layanan konseling kelompok. Pembahasan temuan ini diarahkan untuk mengkaji konseling kelompok teknik reframing efektif untuk mengurangi perilaku agresif siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perilaku agresif, konseling kelompok, teknik reframing
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 27 Nov 2019 14:33
Last Modified: 27 Nov 2019 14:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33375

Actions (login required)

View Item View Item