PENGARUH SELF EFFICACY DAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA DI SMK MA’ARIF NU 01 LIMPUNG BATANG TAHUN AJARAN 2018/2019
Indah Yulianti , 1301414071 (2019) PENGARUH SELF EFFICACY DAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA DI SMK MA’ARIF NU 01 LIMPUNG BATANG TAHUN AJARAN 2018/2019. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGARUH SELF EFFICACY DAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA DI SMK MA’ARIF NU 01 LIMPUNG BATANG TAHUN AJARAN 2018/2019)
- Published Version
Download (605kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada fenomena di SMK Ma’arif NU 01 Limpung yang menunjukkan bahwa banyak siswa yang melakukan prokrastinasi akademik dan menjadi permasalahan sehari-hari di lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh self-efficacy dan konformitas teman sebaya terhadap prokrastinasi akademik siswa. Penelitian ini termasuk penelitian expost facto, bersifat korelasional dan menggunakan pendekatan kuantitatif non eksperimental. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah self-efficacy (X1), konformitas teman sebaya (X2) dan variabel terikatnya adalah prokrastinasi akademik (Y). Populasi penelitian ini sebanyak 1115 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional stratified random sampling dengan berbantuan Nomogram Herry King dengan taraf kesalahan 5% dan didapati jumlah sampel sebanyak 270 siswa. Pengumpulan data menggunakan skala psikologi yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada pengaruh yang signifikan antara selfefficacy terhadap prokrastinasi akademik siswa di SMK Ma’arif NU 01 Limpung, diperoleh hasil rhitung > rtabel (0,764 > 0,138) dengan nilai signifikansi 0,0000 < 0,05. (2) Tidak ada pengaruh dan nirsignfikan antara konformitas teman sebaya terhadap prokrastinasi akademik siswa di SMK Ma’arif NU 01 Limpung, diperoleh hasil rhitung < rtabel (0,0108 < 0,138) dengan signifikansi 0,077 > 0,05. (3) Secara bersamasama ada pengaruh yang signifikan antara self-efficacy dan konformitas teman sebaya terhadap prokrastinasi akademik siswa di SMK Ma’arif NU 01 Limpung, hasil yang diperoleh Fhitung = 178,981 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi selfefficacy yang dimiliki siswa, maka akan semakin rendah prokrastinasi akademiknya. Sedangkan konformitas teman sebaya tidak berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik. Disarankan kepada guru Bimbingan dan Konseling memberikan layanan Bimbingan dan Konseling yang sesuai dengan kebutuhan siswa agar memiliki self-efficacy yang tinggi, konformitas teman sebaya yang positif dan meningkatkan kualitas akademik siswa agar tingkat prokrastinasi rendah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | prokrastinasi akademik, konformitas teman sebaya, self-efficacy |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 27 Nov 2019 14:34 |
Last Modified: | 27 Nov 2019 14:34 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33374 |
Actions (login required)
View Item |