KEEFEKTIFAN KONSELING INDIVIDU MELALUI PENDEKATAN REALITA UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI SISWA BROKEN HOME DI SPMA NEGERI H MOENADI


Aulia Mira Motika Jannah , 1301414043 (2019) KEEFEKTIFAN KONSELING INDIVIDU MELALUI PENDEKATAN REALITA UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI SISWA BROKEN HOME DI SPMA NEGERI H MOENADI. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN KONSELING INDIVIDU MELALUI PENDEKATAN REALITA UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI SISWA BROKEN HOME DI SPMA NEGERI H MOENADI]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN KONSELING INDIVIDU MELALUI PENDEKATAN REALITA UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI SISWA BROKEN HOME DI SPMA NEGERI H MOENADI) - Published Version
Download (766kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena kelas X SPMA Negeri H Moenadi Ungaran bahwa terdapat siswa broken home yang memiliki resiliensi rendah. Data diperkuat dengan hasil analisis pre-test yang telah dilakukan. Oleh sebab itu perlu adanya upaya untuk meningkatkan resiliensi siswa agar siswa mampu bangkit dan mencapai kesuksesan Salah satu cara untuk meningkatan resiliensi siswa broken home yaitu dengan diberikan layanan konseling individu melalui pendekatan realita. Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) Seberapa tinggi tingkat resiliensi siswa broken home sebelum diberikan konseling individu melalui pendekatan realita, (2) seberapa tinggi tingkat resiliensis siswa broken home setelah diberikan konseling individu melalui pendekatan realita, (3) seberapa tinggi keefektifan konseling individu melalui pendekatan realita untuk meningkatkan resiliensi siswa broken home. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian one-group pre-test and post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SPMA N H Moenadi dengan jumlah siswa sebanyak 144 siswa. Sedangkan subjek penelitian ini adalah 5 siswa kelas X SPMA Negeri H Moenadi yang memiliki resiliensi rendah dan memenuhi beberapa kriteria dalam subyek penelitian . Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologis sedangkan alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah skla resiliensi yang telah dilakukan uji validitas dan reliabiitas. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukan bahwa resiliensi siswa broken home sebelum dan sesudah diberikan konseling individu melalui pendekatan realita mengalami peningkatan rata-rata sebesar (M=1,4) pada kelima subjek. Selain itu ketujuh aspek resiliensi juga mengalami peningkatan. Konseling individu melalui pendekatan realita terbukti efektik dalam meningkatkan resiliensi siswa (Z=2,032, P(0,042) ≤ 0,05). Saran guru BK hendaknya lebih aktif, kreatif dan intensif dalam memantau setiap perkembangan siswa khususnya siswa yang mempunyai konflik keluarga sehingga siswa mampu bangkit dari keterpurukan dan tidak mengalami kesedihan yang berkelanjutan. Selain itu guru BK hendaknya meningkatkan ketrampilan dan teknik dalam pemberian layanan konseling indiviu

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: konseling realita, resiliensi, broken home
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 27 Nov 2019 14:36
Last Modified: 27 Nov 2019 14:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33372

Actions (login required)

View Item View Item