PENGARUH KONSEP DIRI REMAJA TERHADAP KONFORMITAS TEMAN SEBAYA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 ULUJAMI KABUPATEN PEMALANG
Rina Dwi Ayuningrum , 1301414033 (2019) PENGARUH KONSEP DIRI REMAJA TERHADAP KONFORMITAS TEMAN SEBAYA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 ULUJAMI KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGARUH KONSEP DIRI REMAJA TERHADAP KONFORMITAS TEMAN SEBAYA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 ULUJAMI KABUPATEN PEMALANG)
- Published Version
Download (362kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena sosial yakni rendahnya konformitas teman sebaya yang diakibatkan kurangnya penyesuaian tentang diri sendiri terhadap kelompok teman sebaya pada siswa di lingkungan sekolah. Konformitas adalah sebuah fenomena social dimana seseorang menyesuaikan tingkah laku, sikap, dan pandangan agar sesuai dengan orang lain (kelompok). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsep diri remaja terhadap konformitas teman sebaya pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Ulujami Kabupaten Pemalang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini ialah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Ulujami Kabupaten Pemalang berjumlah 180 siswa dengan sampel 120 siswa, pemilihan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala konsep diri dan skala konformitas teman sebaya. Skala tersebut telah diuji validitas dan reliabilitasya, sehingga terbukti layak dan dapat dipercaya. Adapun teknik analisis dilakukan melalui analisis deskriptif persentase dan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep diri remaja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap konformitas teman sebaya (R= 0,212, F= 5,527, p = <0,05). Hasil tersebut menggambarkan, jika semakin tinggi konsep diri remaja siswa maka akan semakin tinggi pula konformitas teman sebaya dalam hal lingkungan social yang positif. Secara umum konsep diri berkontribusi terhadap konformitas teman sebaya sebesar 4,5%, sehingga persamaan regresinya adalah Y= 136,167-0, 122X.. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa (1) gambaran konsep diri remaja siswa dalam kategori tinggi; (2) gambaran konformitas teman sebaya siswa dalam kategori cukup; (3) konsep diri remaja berpengaruh terhadap konformitas teman sebaya siswa. Disarankan agar guru BK dapat memberikan layanan yang dapat meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa khususnya dalam hal ini konformitas teman sebaya yang positif, terbuka, serta bersosialisasi dengan baik. Hal tersebut dapat dilakukan melalui pemberian layanan baik secara klasikal, kelompok, maupun secara individu.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep Diri Remaja, Konformitas Teman Sebaya, Siswa |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 27 Nov 2019 13:33 |
Last Modified: | 27 Nov 2019 13:33 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33370 |
Actions (login required)
View Item |