HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DAN MANAJEMEN WAKTU DENGAN KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Ganjar Suargani , 1301414029 (2019) HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DAN MANAJEMEN WAKTU DENGAN KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DAN MANAJEMEN WAKTU DENGAN KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DAN MANAJEMEN WAKTU DENGAN KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019) - Published Version
Download (919kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena kecanduan game online yang dialami oleh siswa sekolah. Kecanduan game online merupakan suatu perilaku bermain game online yang dilakukan secara terus menerus tanpa menghiraukan sekelilingnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara konformitas teman sebaya dan manajemen waktu dengan kecanduan game online pada siswa secara parsial maupun secara bersama-sama. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif korelasional. Sampel yang digunakan berjumlah 100 dari 140 siswa dengan menggunakan purposive sampling dan random sampling. Alat pengumpul data yang digunakan adalah Gaming Addiction Scale, Peer Conformity Vignettes, Time Management Behavior Scale. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara konformitas teman sebaya dengan kecanduan game online. Kemudian antara manajemen waktu dengan kecanduan game online juga terdapat hubungan yang signifikan. Begitu pula antara konformitas teman sebaya dan manajemen waktu secara bersama-sama juga memiliki hubungan yang signifikan dengan kecanduan game online dan memiliki sumbangan 35,7%. Saran yang dapat diberikan hendaknya guru BK dapat memberikan layanan yang dapat mengurangi tingkat kecanduan game online siswa, seperti memberikan bimbingan klasikal dengan mengajari siswa untuk dpaat memiliki target dan tujuan untuk dapat mengatur waktunya dan memberikan bimbingan kelompok untuk mengurangi perilaku kecanduan game online.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: konformitas teman sebaya, manajemen waktu, kecanduan game online
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 27 Nov 2019 13:35
Last Modified: 27 Nov 2019 13:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33368

Actions (login required)

View Item View Item