KEEFEKTIFAN PENDEKATAN KONSELING GESTALT DENGAN TEKNIK EMPTY CHAIR UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI KELAS VIII MTS NU UNGARAN


Arif Khalilu Rahman , 1301413097 (2019) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN KONSELING GESTALT DENGAN TEKNIK EMPTY CHAIR UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI KELAS VIII MTS NU UNGARAN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PENDEKATAN KONSELING GESTALT DENGAN TEKNIK EMPTY CHAIR UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI KELAS VIII MTS NU UNGARAN]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PENDEKATAN KONSELING GESTALT DENGAN TEKNIK EMPTY CHAIR UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI KELAS VIII MTS NU UNGARAN) - Published Version
Download (591kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena pada kelas VIII MTs NU Ungaran, berdasarkan data yang dimiliki guru BK yaitu Ibu Laily Nur Khasanah, S.Psi bahwa rata-rata siswa memiliki tingkat kepercayaan diri rendah di dukung dengan hasil penyebaran skala psikologis bahwa didapatkan 5 siswa yang memiliki tingkat kepercayaan diri rendah. Siswa menunjukkan gejala WA tidak berani berbicara dengan teman sebayanya, AG malu terhadap kondisi dirinya, DV sering membolos, MAD sering dibully oleh temannya dan menangis di kelas, dan PAW selalu terlihat canggung saat berbicara dengan teman maupun guru. Kemudian belum diterapkannya layanan konseling individu di sekolah, akibatnya siswa menjadi kurang mendapatkan bantuan untuk menghadapi permasalahannya. Penggunaan pendekatan Gestalt dengan teknik empty chair diharapkan dapat mengekspresikan kebingungan siswa dan meningkatkan kepercayaan diri. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efek pendekatan Gestalt dengan teknik empty chair untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di kelas VIII MTs NU Ungaran. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 5 siswa di kelas VIII MTs NU Ungaran yang memiliki kepercayaan diri rendah dan memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive random sampling dengan menggunakan kriteria inklusi dan eksklusi. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala kepercayaan diri sebanyak 78 butir item. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif prosentase dan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan diri siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment berupa layana konseling individu pendekatan Gestalt dengan teknik empty chair pada kelima subjek penelitian mengalami peningkatan rata-rata sebesar 33.3%. layanan konseling individu pendekatan Gestalt dengan teknik empty chair berpengaruh terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa di kelas VIII MTs NU Ungaran (z=2.023, p ≤ 0.043). Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa Zhitung ≥ Ztabel (2,023 ≥ 1,171). Maka dapat dikatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Pembahasan temuan ini diarahkan untuk mengkaji peran konselor dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa menggunakan pendekatan konseling Gestalt khususnya teknik empty chair.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pendekatan konseling Gestalt, kepercayaan diri, teknik Empty Chair
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 27 Nov 2019 13:38
Last Modified: 27 Nov 2019 13:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33364

Actions (login required)

View Item View Item