HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DAN PENYESUAIAN SOSIAL DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENERIMA BEASISWA AFIRMASI PENDIDIKAN TINGGI (ADik) PAPUA DAN PAPUA BARAT DI KOTA SEMARANG


Salia Uriepa , 1301413063 (2019) HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DAN PENYESUAIAN SOSIAL DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENERIMA BEASISWA AFIRMASI PENDIDIKAN TINGGI (ADik) PAPUA DAN PAPUA BARAT DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DAN PENYESUAIAN SOSIAL DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENERIMA BEASISWA AFIRMASI PENDIDIKAN TINGGI (ADik) PAPUA DAN PAPUA BARAT DI KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DAN PENYESUAIAN SOSIAL DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENERIMA BEASISWA AFIRMASI PENDIDIKAN TINGGI (ADik) PAPUA DAN PAPUA BARAT DI KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena pada mahasiswa penerima beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) Papua dan Papua Barat di Kota Semarang, yang rata-rata memiliki indeks prestasi yang kurang memuaskan, ditinjau melalui dua aspek yaitu kepercayaan diri dan penyesuaian sosial. Tujuan utama dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dan penyesuaian sosial mahasiswa penerima beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) Papua dan Papua Barat di Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan desain korelasional menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa ADik Papua dan Papua Barat di Kota Semarang sebanyak 131 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh karena semua populasi dijadikan sampel. Metode pengumpulan data menggunakan menggunakan skala kepercayaan diri dan skala penyesuaian sosial untuk variabel bebas sedangkan untuk variabel terikat yaitu prestasi akademik dilihat berdasarkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang diperoleh dari mahasiswa yang bersangkutan. Metode analisis data menggunakan uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara ketiga variabel baik secara parsial maupun simultan. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat di prediksi bahwa semakin tinggi kepercayaan diri dan penyesuaian sosial mahasiswa maka semakin baik prestasi akademik yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian, maka konselor di perguruan tinggi disarankan untuk memberikan layanan seputar kepercayaan diri, penyesuaian sosial serta pengenalan budaya

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kepercayaan diri; penyesuaian sosial; prestasi akademik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 27 Nov 2019 13:42
Last Modified: 27 Nov 2019 13:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33362

Actions (login required)

View Item View Item