EVALUASI IMPLEMENTASI PENILAIAN HASIL BELAJAR PADA KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 29 SEMARANG


Lemuel Ivan Primanda , 1102412034 (2019) EVALUASI IMPLEMENTASI PENILAIAN HASIL BELAJAR PADA KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 29 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EVALUASI IMPLEMENTASI PENILAIAN HASIL BELAJAR PADA KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 29 SEMARANG]
Preview
PDF (EVALUASI IMPLEMENTASI PENILAIAN HASIL BELAJAR PADA KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 29 SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan pelaksanaan Kurikulum 2013 di sekolah ada banyak faktor yang menentukan. Salah satu faktor adalah sumber daya manusia atau guru yang berperan disitu. Pemahaman guru mengenai pelaksanaan kurikulum 2013 sangat diutamakan dalam menentukan keberhasilan pelaksanaan kurikulum ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) untuk mengetahui kesiapan guru dalam melaksanakan penilaian hasil belajar pada kurikulum 2013, 2) mengetahui perencanaan guru dala melaksanakan penilaian hasil belajar pada kurikulum 2013, 3) mengetahui pelaksanaan penilaian hasil belajar oleh guru pada kurikulum 2013. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif, dengan meneliti dari 3 aspek, yaitu kesiapan guru, perencanaan, dan pelaksanaan penilaian hasil belajar. Indikator keberhasilan yang digunakan berdasarkan pedoman penilaian pendidik dan satuan pendidikan untuk sekolah menengah pertama yang diterbitkan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan. Informan utama dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran, dan informan pendukung adalah kepala sekolah dan waka kurikulum. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) kesiapan guru SMP Negeri 29 Semarang dalam melaksanakan penilaian hasil belajar pada kurikulum 2013 sudah berjalan baik dengan indikator keberhasilan program, 2) Perencanaan guru dalam melaksanakan penilaian hasil belajar sudah berjalan dengan baik sesuai dengan indikator keberhasilan, 3) pelaksanaan penilaian hasil belajar oleh guru di SMP Negeri 29 Semarang sudah berjalan cukup baik sesuai dengan indikator keberhasilan yang sudah ditentukan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Penilaian, Hasil Belajar, Kurikulum 2013, penelitian kualitatif.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 27 Nov 2019 14:08
Last Modified: 27 Nov 2019 14:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33360

Actions (login required)

View Item View Item