HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 DEMAK


Oppie Dara Kesuma , 1301413029 (2019) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 DEMAK. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 DEMAK]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 DEMAK) - Published Version
Download (379kB) | Preview

Abstract

Kepercayaan diri merupakan sikap positif untuk meyakini terhadap segala aspek-aspek kelebihan dirinya, merasa mampu untuk melakukan sesuatu, memiliki penilaian positif terhadap dirinya ataupun situasi yang dihadapinya, serta memiliki rasa optimis dalam mencapai tujuan hidupnya. Kepercayaan diri yang rendah pada siswa tidak hanya merugiakan siswa itu sendiri, tetapi juga menimbulkan masalah pada lingkungan yang ada disekitar. Kepercayaan diri berkaitan erat dengan konsep diri. Siswa yang mempunyai konsep diri yang tinggi mampu berkembang sesuai dengan keadaan di lingkungannya. Selain itu, faktor yang mempengaruhi konsep diri yaitu pola asuh orang tua. Orang tua melalui perannya sebagai pengasuh pertama dan utama siswa sangat besar pengaruhnya dalam perkembangan kepercayaan diri siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X SMK Negeri 2 Demak dengan sampel sebanyak 195 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Metode pengambilan data pada penelitian ini adalah menggunakan skala konsep diri, angket pola asuh orang tua, dan skala kepercayaan diri siswa. Instrumen tersebut telah diuji cobkan untuk digunakan dalam penelitian. Metode analisis data menggunakan analisis regresi. Berdasarkan perhitungan penelitian hasil analisis regresi ganda diketahui bahwa terdapat hubungan antara konsep diri dan pola asuh orang tua dengan kepercayaan diri siswa (R = 0,674, F = 79,737, p = < 0,01). Kemudian, diketahui pula bahwa terdapat hubungan antara konsep diri dengan kepercayaan diri siswa (β = 0,611, thitung = 11,171, p = < 0,01). Selain itu, diketahui pula bahwa terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan kepercayaan diri siswa (β = 0,110, thitung = 13,689, p = < 0,01). Simpulan dari penelitian ini adalah (1) ada hubungan antara konsep diri dengan kepercayaan diri siswa, (2) ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan kepercayaan diri siswa, dan (3) ada hubungan antara konsep diri dan pola asuh orang tua dengan kepercayaan diri siswa. Saran yang diberikan yaitu, guru BK hendaknya dapat membantu siswa meningkatkan konsep diri dengan baik melalui layanan bimbingan dan konseling. Orang tua hendaknya memberikan perhatian kepada siswa dan selalu memantau perkembangan siswa di sekolah

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan Diri, Konsep Diri, Pola Asuh Orang Tua
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 27 Nov 2019 12:20
Last Modified: 27 Nov 2019 12:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33358

Actions (login required)

View Item View Item