ANALISIS PENGARUH PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA


Salsabila Nisaul Muasshoma , 1102415107 (2019) ANALISIS PENGARUH PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS PENGARUH PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA]
Preview
PDF (ANALISIS PENGARUH PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA) - Published Version
Download (820kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari adanya pelatihan dan pengembangan profesionalisme guru terhadap kompetensi guru serta prestasi belajar siswa. Untuk menganalisis pengaruh tersebut peneliti membuat rumusan masalah mengenai gambaran pelatihan dan pengembangan profesionalisme, gambaran kompetensi guru, dan pengaruh pelatihan terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber dan teknik. Data utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil dari observasi dalam proses kegiatan belajar mengajar pada dua sekolah dasar di wilayah gugus R.A Kartini Gayamsari Kota Semarang yaitu SD Negeri Pandeanlamper 01 dan SD Negeri Gayamsari 02, wawancara dilakukan kepada guru yang telah mengikuti pelatihan, serta dilengkapi dengan dokumen pendukung seperti dokumen penilaian kinerja guru dan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pelatihan dan pengembangan profesionalisme yang telah diikuti guru SD di wilayah gugus R.A Kartini sudah berjalan baik, (2) kompetensi yang dimiliki guru SD di wilayah gugus R.A Kartini sudah berada pada kategori baik sesuai penilaian kinerja guru, (3) pelatihan dan pengembangan profesionalisme mempengaruhi peningkatan kompetensi pedagogik dan profesional guru yang berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa. Saran yang diberikan antara lain guru-guru juga harus aktif untuk selalu mengikuti program-program pengembangan keprofesionalan secara berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didiknya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelatihan, Kompetensi Guru, Prestasi Belajar Siswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 27 Nov 2019 12:21
Last Modified: 27 Nov 2019 12:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33356

Actions (login required)

View Item View Item