KEEFEKTIFAN GAME KUIS TTS PINTAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN IPA TERPADU DI SMP ISLAM CAHAYA INSANI SEMARANG


Maulana Achmad Ghiffary , 1102415092 (2019) KEEFEKTIFAN GAME KUIS TTS PINTAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN IPA TERPADU DI SMP ISLAM CAHAYA INSANI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN GAME KUIS TTS PINTAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN IPA TERPADU DI SMP ISLAM CAHAYA INSANI SEMARANG]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN GAME KUIS TTS PINTAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN IPA TERPADU DI SMP ISLAM CAHAYA INSANI SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa di SMP Islam Cahaya Insani Semarang khususnya mata pelajaran IPA Terpadu yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang sudah ditentukan. Guru dalam menyampaikan materi saat proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah, selain itu sumber belajar yang digunakan oleh guru masih terbatas sehingga proses pembelajaran di dalam kelas menjadi kurang menarik bagi siswa. Berdasarkan temuan masalah tersebut peneliti memiliki sebuah ide yang diharapkan dapat memecahkan masalah tersebut yaitu dengan membuat sebuah media pembelajaran yang didalamnya terdapat permainan teka-teki silang dengan fokus pembelajaran mata pelajaran IPA Terpadu. Peneliti memiliki tujuan untuk menguji keefektifan media pembelajaran ini terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Terpadu. Penelitian ini menerapkan model pengembangan ADDIE yang memiliki lima proses tahapan yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Penelitian ini memiliki subjek penelitian siswa kelas VII di SMP Islam Cahaya Insani Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu wawancara, observasi, angket, pre-test, post-test, serta dokumentasi. Peneliti menerapkan teknik analisis data kuantitatif deskriptif pada penelitian ini. Media pembelajaran dengan permainan teka-teki silang yang dikembangkan oleh peneliti dinyatakan sangat layak sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil validasi atau penilaian dari ahli media dalam aspek tampilan serta aspek pemrograman diperoleh nilai presentase rata-rata sebesar 88,46%. Sementara hasil penilaian dari ahli materi dalam aspek pembelajaran memperoleh nilai presentase rata-rata sebesar 94,44%. Media game kuis TTS pintar ini selanjutnya diujikan dalam proses pembelajaran untuk mengukur keefektifannya. Hasil uji keefektifan dengan menggunakan uji t (Paired Samples t-test) diperoleh nilai sig sebesar 0,000 yang artinya memiliki nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 maka hipotesis (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media game kuis TTS pintar terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA Terpadu kelas VII di SMP Islam Cahaya Insani Semarang. Saran yang diberikan peneliti sebaiknya media game kuis TTS pintar ini digunakan juga pada proses pembelajaran mata pelajaran IPA Terpadu di sekolah lain karena terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Media Pembelajaran, Game Edukasi, Teka-Teki Silang, IPA Terpadu
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 27 Nov 2019 12:22
Last Modified: 27 Nov 2019 12:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33355

Actions (login required)

View Item View Item