IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN GEOGRAFI TENTANG PENDIDIKAN MITIGASI BENCANA DI SMA NEGERI 1 SLEMAN


Kartikha Eka Wardani , 1102415086 (2019) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN GEOGRAFI TENTANG PENDIDIKAN MITIGASI BENCANA DI SMA NEGERI 1 SLEMAN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN GEOGRAFI TENTANG PENDIDIKAN MITIGASI BENCANA DI SMA NEGERI 1 SLEMAN]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN GEOGRAFI TENTANG PENDIDIKAN MITIGASI BENCANA DI SMA NEGERI 1 SLEMAN) - Published Version
Download (679kB) | Preview

Abstract

Mitigasi bencana merupakan serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatana kemampuan menghadapi ancaman bencana alam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran geografi yang berkaitan dengan materi mitigasi bencana serta efektivitasnya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif desktriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sleman. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan pembelajaran Geografi pada materi mitigasi bencana dimulai dengan menentukan materi yang akan diajarkan, mengkaji silabus, lalu menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang akan digunakan; 2) pelaksanaan pembelajaran geografi , guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan RPP yang digunakan. Guru memulai pembelajaran dengan menyiapkan kondisi kelas agar kondusif, setelah itu proses belajar mengajar dimulai dengan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Guru menggunakan pendekatan pembelajaran berupa scientific learning dengan memanfaatkan model pembelajaran discovery learning dan problem based learning; 3) penilaian pembelajaran yang digunakan di dalam pembelajaran Geografi ini, guru menggunakan penilaian autentik dengan menilai tiga kompetensi siswa, yaitu kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, dan kompetensi keterampilan. Kompetensi sikap, guru menggunakan pengamatan terhadap perilaku siswa. Kompetensi keterampilan guru menggunakan tes tertulis. Sedangkan kompetensi keterampilan menggunakan akumulasi dari penilaian proyek, penilaian kinerja, dan penilaian portofolio. Penilaian pembelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Sleman dinyatakan efektif karena peserta didik mampu mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan, dengan bukti hasil penilaian peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Mitigasi Bencana, Pembelajaran, Geografi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 27 Nov 2019 12:24
Last Modified: 27 Nov 2019 12:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33353

Actions (login required)

View Item View Item