IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 20 SEMARANG


Sri Rahayu, 1102415050 (2019) IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 20 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 20 SEMARANG]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 20 SEMARANG) - Published Version
Download (904kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran di sekolah merupakan aplikasi dalam pelaksanaan kurikulum untuk mencapai tujuan pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis implementasi model problem based learning kurikulum 2013 pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 20 Semarang. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitiannya yaitu kepala sekolah, guru mata pelajaran ipa kelas VII, dan siswa kelas VII. Pengambilan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mendapatkan keabsahan data dilakukan melalui teknik triangulasi. Teknik Triangulasi yang dipakai yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) implementasi kurikulum 2013 di SMP Negeri 20 Semarang mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran sudah terlaksana, dilihat dari cara guru memberikan model pembelajaran yang tepat atau sesuai, kemudian dari sarana prasarana atau fasilitas untuk mendukung implementasi kurikulum 2013 khususnya dalam pembelajaran IPA sudah memadai, dan juga dapat dilihat dari tujuan pembelajaran yang sudah sesuai dengan tujuan awal kurikulum 2013, 2) guru mata pelajaran IPA sudah menerapkan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013, salah satunya yaitu guru menggunakan model Problem Based Learning,3) dalam pelaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning sudah sesuai dengan apa yang diharapkan oleh guru, diantaranya guru dapat membuat lebih aktif dalam proses pembelajaran.Saran peneliti yaitu gurudiharapkan bisa menerapkan model pembelajaran yang sudah tercantum dalam kurikulum 2013dan bagaimana menjalankan didalam pembelajaran agarterlaksanadenganbaik dan sesuai dengankurikulum2013.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013, Pembelajaran IPA, ModelPembelajaran IPA
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 27 Nov 2019 12:27
Last Modified: 27 Nov 2019 12:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33350

Actions (login required)

View Item View Item