PENGEMBANGAN APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF "ASEAN GO" BERBASIS ADOBE ANIMATE CC PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP NEGERI 41 SEMARANG


Achmad Muslichun , 1102415048 (2019) PENGEMBANGAN APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF "ASEAN GO" BERBASIS ADOBE ANIMATE CC PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP NEGERI 41 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF "ASEAN GO" BERBASIS ADOBE ANIMATE CC PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP NEGERI 41 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF "ASEAN GO" BERBASIS ADOBE ANIMATE CC PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP NEGERI 41 SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Di era teknologi yang berkembang pesat, media pembelajaran menjadi salah satu alat bantu komunikasi yang digunakan untuk membantu penyampaian materi yang disampaikan oleh guru kepada siswa. Didasari dari hasil analisis peneliti di SMP Negeri 41 Semarang diketahui bahwa proses pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas VIII masih menggunakan metode konvensional dan kurang menarik sehingga berdampak pada belum maksimalnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran aplikasi multimedia interaktif "ASEAN GO" berbasis Adobe Animate CC serta mengetahui keefektifitas media pembelajaran untuk Kelas VIII di SMP Negeri 41 Semarang. Objek penelitian ini yaitu siswa Kelas VIII SMP Negeri 41 Semarang. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu anaysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran aplikasi multimedia interaktif "ASEAN GO" berbasis Adobe Animate cc layak untuk digunakan dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran mata pelajaran IPS Kelas VIII pada materi Kondisi Geografis Negara-negara ASEAN. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji kelayakan media oleh ahli media yang menunjukkan rata-rata sebesar 88,93% dengan kriteria sangat baik dan layak. Sedangkan pada uji kelayakan media oleh ahli materi didapatkan hasil 96,67 % dengan kriteria sangat baik dan layak. Hasil perhitungan terhadap uji rerata pre test dan post test didapatkan hasil thitung = 3,908 dimana hasil tersebut lebih besar daripada ttabel =2,473. Dengan demikian maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan rerata pre test dan post test dan media pembelajaran aplikasi multimedia interaktif "ASEAN GO" berbasis Adobe Animate cc dinyatakan efektif. Hasil belajar didapatkan bahwa hasil rata-rata post test lebih baik daripada rata-rata pre test dengan rata-rata pre test sebesar 56,4 sedangkan hasil rata-rata post test sebesar 87,33. Simpulan dari hasil penelitian ini yaitu media pembelajaran aplikasi multimedia interaktif "ASEAN GO" berbasis Adobe Animate cc sebagai salah satu media pembelajaran efektif digunakan dalam pembelajaran IPS dan meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 41 Semarang. Saran yang disampaikan berdasarkan penelitian ini (1) perlunya pengembangan media pembelajaran untuk materi lain dalam pembelajaran IPS guna memaksimalkan hasil belajar siswa, (2) guru seharusnya meluangkan waktu untuk mempersiapkan pembelajaran yang menarik sehingga pembelajaran di kelas menarik dan maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ADDIE, ASEAN GO, Pengembangan Aplikasi Multimedia Interaktif
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 27 Nov 2019 12:27
Last Modified: 27 Nov 2019 12:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33349

Actions (login required)

View Item View Item