EVALUASI PELAKSANAAN TERAPI DI PUSAT LAYANAN PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS KOTA SEMARANG


SOBRUN JAMIL , 1102415043 (2019) EVALUASI PELAKSANAAN TERAPI DI PUSAT LAYANAN PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of EVALUASI PELAKSANAAN TERAPI DI PUSAT LAYANAN PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (EVALUASI PELAKSANAAN TERAPI DI PUSAT LAYANAN PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (587kB) | Preview

Abstract

PLPDBK Kota Semarang merupakan program layanan terapi yang difasilitasi oleh pemerintah dibawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah yang membantu peserta didik berkebutuhan khusus dalam mempersiapkan dan menunjang akademiknya. Sejak pertama kali pelaksanaannya pada tahun 2011 hingga 2019, dalam kurun waktu hampir satu dekade PLPDBK Kota Semarang belum pernah dilakukan evaluasi secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan terapi di PLPDBK Kota Semarang, mengevaluasi pelaksanaan terapi PLPDBK Kota Semarang dilihat dari aspek konteks, masukan, proses, dan produk dan mengidentifikasi hambatan dan solusi yang digunakan dalam pelaksanaan terapi PLPDBK Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Model evaluasi yang digunakan yaitu model CIPP (context, input, process, and product). Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan terapi di PLPDBK Kota Semarang meliputi seleksi peserta didik baru, proses terapi, dan proses evaluasi. Hasil dari evaluasi menggunakan model CIPP secara keseluruhan pada aspek konteks sudah sesuai hubungan antara kebutuhan dengan tujuan PLPDBK. Pada aspek masukan PLPDBK belum memiliki standar operasional prosedur (SOP). Pada aspek proses PLPDBK Kota Semarang tidak melakukan proses sosialisasi seperti mengenalkan dan menyebar iklan informasi penerimaan peserta didik baru. Pada aspek produk yaitu peserta didik mampu melakukan kegiatan pra akademik, akademik, maupun non-akademik. Hambatan dalam pelaksanaan terapi di PLPDBK Kota Semarang yakni kuranya dukungan dari orangtua. Solusi yang dilakukan oleh terapis dalam pelaksanaan terapi yaitu menjalin komunikasi dengan orangtua murid. Simpulan pelaksanaan terapi PLPDBK Kota Semarang meliputi pelaksanaan seleksi peserta didik baru dengan dua tahapan yakni pemberkasan dan asesmen, pelaksanaan terapi menggunakan metode pembelajaran bermain yang bersifat individual, dan pelaksanaan evaluasi menggunakan 2 (dua) metode yakni evaluasi harian dan evaluasi semester. hasil evaluasi pelaksanaan terapi PLPDBK Kota Semarang dilihat dari aspek context, input, process, dan product secara keseluruhan sudah cukup baik dan sudah sesuai dengan kebutuhan dan tujuan berdirinya PLPDBK. Perlunya perbaikan dalam pelaksanaan terapi PLPDBK Kota Semarang dan peningkatan secara kuantitas maupun kualitas. Hambatan dalam pelaksanaan terapi PLPDBK yaitu kurangnya dukungan dari orangtua dalam proses terapi. Solusi yang dilakukan dalam proses vi terapi PLPDBK Kota Semarang yaitu terapis menjalin komunikasi dengan orangtua guna bekerjasama dalam memberikan fasilitas pelayanan yang dibutuhkan anak untuk menunjang perkembangan anak secara optimal Saran bagi PLPDBK Kota Semarang yaitu untuk menyusun standar operasional prosedur (SOP), memberikan pelatihan pada terapis agar lebih kompeten dan profesional, menambah saran dan prasaran terutama media pembelajaran, membentuk tim asesmen agar proses identifikasi lebih optimal, menambah jumlah SDM terapis, perlunya memberikan workshop parenting bagi orangtua peserta didik. Bagi orangtua murid berkerjasama dan kolaborasi dengan terapis untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, PLPDBK Kota Semarang, terapi.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 26 Nov 2019 18:54
Last Modified: 26 Nov 2019 18:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33345

Actions (login required)

View Item View Item