PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KOKAMI (KOTAK KARTU MISTERIUS) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 20 SEMARANG


Awaningrum Kartikasari , 1102415029 (2019) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KOKAMI (KOTAK KARTU MISTERIUS) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 20 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KOKAMI (KOTAK KARTU MISTERIUS) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 20 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KOKAMI (KOTAK KARTU MISTERIUS) TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 20 SEMARANG) - Published Version
Download (776kB) | Preview

Abstract

Salah satu permasalahan yang sering muncul pada mata pelajaran IPS adalah rendahnya rasa antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran. Hal tersebut berdampak pada keaktifan siswa saat mengikuti proses pembelajaran. Keaktifan siswa akan berdampak juga pada hasil belajar siswa. Rendahnya rasa antusias siswa tersebut dilatarbelakangi oleh karakteristik mata pelajaran IPS yang sebagian besar berupa teori. Pada mata pelajaran IPS siswa diharuskan untuk selalu membaca, menghafal, serta memahami materi. Namun, dalam proses pembelajarannya, seringkali siswa sulit untuk memahami dan malas untuk membaca materi, padahal pada mata pelajaran IPS siswa diharuskan untuk banyak membaca. Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru juga masih terbilang monoton. Hal tersebut berdampak pada keadaan kelas yang kurang kondusif, perhatian siswa yang kurang terfokus pada pelajaran, serta banyak siswa yang sering berbicara sendiri dengan teman sebangkunya saat guru menjelaskan. Keadaan siswa yang kurang aktif tersebut berdampak pada hasil belajar siswa. Solusinya, guru harus berinovasi dan kreatif untuk meningkatkan keaktifan dan antusias siswa pada pelajaran. Salah satu solusinya yakni dengan menggunakan media pembelajaran yang dapat membangkitkan rasa antusias siswa. Media pembelajaran kokami merupakan gabungan antara media dengan permainan yang dapat merangsang minat dan perhatian siswa. Tujuan penelitian ini yakni untuk meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian one grup pre-test post-test Design dengan sampel 32 siswa di kelas VII C. Hasil penelitian menunjukkan pada hipotesis 1 dengan menggunakan analisis Paired Samples T Test, dengan memperoleh hasil Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05, membuktikan terima Ha. Pada hipotesis 2 diperoleh hasil Sig.(2-tailed) 0,010 < 0,05, membuktikan terima Ha. Pada hipotesis 3 dengan menggunakan analisis Regresi Linier Sederhana, diperoleh hasil Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05, membuktikan terima Ha. Berdasarkan pehitungan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran kokami berpengaruh terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 20 Semarang pada tahun ajaran 2019/2020. Saran dari peneliti adalah guru diharapkan mampu mengembangkan ketrampilan siswa dalam mengemukakan pendapat sehingga siswa tidak hanya lebih akif tetapi juga lebih santun untuk menyampaikan pendapat. Guru diharapkan dapat membantu siswa yang nilainya masih tertinggal dengan cara pendekatan secara langsung ke siswa. Guru perlu mempertimbangkan pemilihan waktu yang sesuai agar pembelajaran kokami dapat terlaksana dengan optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran kokami, keaktifan siswa, hasil belajar siswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 26 Nov 2019 18:56
Last Modified: 26 Nov 2019 18:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33344

Actions (login required)

View Item View Item