KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TIGA DIMENSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOPLING DAN SISTEM TRANSMISI MOBIL


Nur Vita , 1102415016 (2019) KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TIGA DIMENSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOPLING DAN SISTEM TRANSMISI MOBIL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TIGA DIMENSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOPLING DAN SISTEM TRANSMISI MOBIL]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TIGA DIMENSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOPLING DAN SISTEM TRANSMISI MOBIL) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran materi sistem kopling dan sistem transmisi mobil di SMK Negeri 1 Tulung selama ini masih berpusat dengan penggunaan metode konvensional berupa ceramah. Hal tersebut mengakibatkan siswa menjadi bosan, cenderung pasif karena siswa lebih banyak mendengarkan penjelasan yang disampaikan oleh guru tanpa memberi umpan balik serta kurang optimal pada hasil belajar siswa. Oleh sebab itu perlu adanya inovasi pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berupa media video animasi 3D. Media video animasi 3D berisi animasi 3D, teks, grafis, dan musik untuk mendeksripsikan sebuah materi pembelajaran secara visual. Tujuan penelitian ini adalah (a) mendeskripsikan proses implementasi media video animasi 3D pada hasil belajar materi sistem kopling dan sistem transmisi mobil di SMK Negeri 1 Tulung. (b) mengetahui keefektifan media video animasi 3D pada hasil belajar materi sistem kopling dan sistem transmisi mobil di SMK Negeri 1 Tulung. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental design dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik sampling purposive dan diperoleh kelas XI TKR A sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan validasi, tes, observasi, dokumentasi serta teknik analisis data dengan melakukan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses implementasi terjadi peningkatan keaktifan siswa sebanyak 8% Rerata keaktifan siswa selama pembelajaran berlangsung termasuk dalam kategori sangat baik, yaitu mencapai 91% serta besarnya nilai t hitung lebih besar daripada t tabel (29,349 > 2,035) dengan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05, maka Ha diterima. Artinya nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan hasil belajar setelah dilakukan pembelajaran menggunakan media video animasi 3D. Nilai rata-rata pretest sebesar 50,79 sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 89,94, artinya terdapat peningkatan nilai sebesar 39,15. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi 3D efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Saran dari penelitian ini adalah guru dapat menggunakan media video animasi 3D dengan efektif jika dalam pembelajaran dilakukan pengelolaan dan persiapan kelas yang baik. Untuk penelitian pemanfaatan media pembelajaran video animasi 3D selanjutnya diharapkan penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi selanjutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, video animasi 3D, hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 26 Nov 2019 18:58
Last Modified: 26 Nov 2019 18:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33342

Actions (login required)

View Item View Item