ANALISIS PRINSIP DESAIN PENYAMPAIAN PESAN PEMBELAJARAN DAN PRINSIP ANIMASI 3D DALAM SERIAL ANIMASI ISLAMI NUSSA
Iqbal Fauzi , 1102415011 (2019) ANALISIS PRINSIP DESAIN PENYAMPAIAN PESAN PEMBELAJARAN DAN PRINSIP ANIMASI 3D DALAM SERIAL ANIMASI ISLAMI NUSSA. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (ANALISIS PRINSIP DESAIN PENYAMPAIAN PESAN PEMBELAJARAN DAN PRINSIP ANIMASI 3D DALAM SERIAL ANIMASI ISLAMI NUSSA)
- Published Version
Download (920kB) | Preview |
Abstract
Sangat diperlukannya pengkajian mendalam perihal tayangan YouTube, khususnya pada serial animasi anak. Film animasi merupakan media hiburan dan dapat pula menjadi media pembelajaran untuk penonton. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kualitas pengetahuan animasi Nussa, prinsip desain penyampaian pesan pembelajaran, dan prinsip animasi 3 dimensi dalam serial animasi Nussa musim 1. Metedologi penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah animasi Nussa episode “Belajar Ikhlas” dan “Makan Jangan Asal Makan”. Penelitian ini menggunakan 100 sampel siswa SMA/SMK dan mahasiswa di Semarang yang sudah menonton Nussa. Responden merupakan usia remaja akhir karena jumlah subscriber Nussa yang paling mendominasi adalah usia 18-24 tahun. Teknik pengumpulan data yang dipakai ialah angket. Uji Validitas menggunakan corrected item-total correlation di SPSS 23, rhitung 44 butir pernyataan > rtabel (0,361) dan dinyatakan valid. Uji Realibilitas menggunakan Cronbach Alpha dengan batasan 0,6 dan seluruh aspek mendapatkan hasil Cronbach Alpha > 8 serta realibilitasnya dinyatakan baik. Teknik analisis data menggunakan metode statistika deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pengetahuan responden tentang animasi Nussa memperoleh skor 76,4%, pada prinsip desain penyampaian pesan pembelajaran memperoleh skor 80,64%, dan pada prinsip animasi 3 dimensi memperoleh skor 78,69%. Ketiga aspek tersebut termasuk dalam kategori baik. Saran yang bisa disampaikan untuk animator agar menerapkan prinsip desain penyampaian pesan dan prinsip animasi ketika membuat animasi, untuk tenaga pendidik disarankan menggunakan media pembelajaran animasi yang menerapkan prinsip desain penyampaian pesan dan prinsip animasi, untuk orang tua disarankan supaya memilih animasi Nussa dan supaya mengawasi anak ketika menonton YouTube, untuk penelitian selanjutnya disarankan meneliti dampak perilaku seseorang yang telah menonton tayangan animasi Nussa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Desain penyampaian pesan, prinsip animasi, animasi Nussa |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 26 Nov 2019 18:59 |
Last Modified: | 26 Nov 2019 18:59 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33341 |
Actions (login required)
View Item |