Peningkatan Aspek Perkembangan Kreativitas Anak Didik di Taman Kanak-kanak Hj. Isriati Moenadi Ungaran Tahun Ajaran 2004/2005 Melalui Percobaan-percobaan Sains

Tri Musrifa, 1124000046 (2005) Peningkatan Aspek Perkembangan Kreativitas Anak Didik di Taman Kanak-kanak Hj. Isriati Moenadi Ungaran Tahun Ajaran 2004/2005 Melalui Percobaan-percobaan Sains. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Peningkatan Aspek Perkembangan Kreativitas Anak Didik di Taman Kanak-kanak Hj. Isriati Moenadi Ungaran Tahun Ajaran 2004/2005 Melalui Percobaan-percobaan Sains) - Published Version
Download (17Kb)

    Abstract

    Hakekat percobaan sains di Taman Kanak-kanak adalah kegiatan bermain belajar. Kegiatan percobaan sains dapat mengembangkan berbagai kreativitas yang dimiliki anak didik. Melalui percobaan sains anak mencoba menemukan sesuatu yang baru dengan melalui percobaanpercobaan yang sederhana. Kenyataan di lapangan, guru dalam mengajar hanya mengejar produk dari belajar yang berupa nilai, sedangkan komponen yang lain masih dikesampingkan. Kreativitas anak didik di Taman Kanak-kanak Hj. Isriati Moenadi Ungaran belum dikembangkan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah peningkatan aspek perkembangan kreativitas anak didik di Taman Kanak-kanak Hj. Isriati Moenadi Ungaran setelah dilakukan percobaan sains. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan bentuk kolaboratif yang melibatkan peneliti, guru dan kepala sekolah. Penelitian delaksanakan di Tamak Kanak-kanak Hj. Isriati Moenadi Ungaran pada Tahun Ajaran 2004/2005, dengan jumlah 22 orang terdiri dari laki-laki 11 orang dan 11 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada kelompok A1. fokus penelitian meliputi Rencana Pembelajaran Guru, Aktivitas Guru, Kreativitas Siswa, dan Sikap Ilmiah Siswa. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat langkah, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru-guru kelompok A1 Taman Kanak-kanak Hj. Isriati Moenadi Ungaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan disegala aspek pengamatan. Rencana pembelajaran guru dari siklus I sampai dengan siklus II dari masing-masing tindakan mencapai prosentase 64,3% (C), 85,7% (B), 96,4% (AB), 92,9% (AB), 100% (AB). Aktivitas guru selama percobaan sains berlangsung mencapai hasil sebagai berikut: Siklus I Tindakan Pertama 65,3% (C), Tindakan Kedua 71,4% (B), Tindakan ketiga 75,5% (B), Siklus II Tindakan Pertama 77,6% (B), Tindakan Kedua 89,8% (AB). Rerata prosentase sikep ilmiah anak didik dari siklus I sampai dengan siklus II adalah 46,9% (K) dan 72,2% (B). Rspon observer sangat bagus bahwa percobaan sains sudah seharusnya diterapkan dalam pembelajaran dikelas. Dengan melihat hasil penelitin diatas, maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini mampu menjawab tujuan penelitian, yakni percobaan sains dapat meningkatkan kreativitas anak didik di Taman Kanak-kanak Hj. Isriai Moenadi Ungaran Tahun Ajaran 2004/2005. Saran yang disampaikan kepada peneliti adalah kepada seluruh guru jangan takut berbeda cara mengajarnya dalam rangka meningkatkan kreativitas anak didiknya, karena pada dasarnya setiap manusia memiliki potensi kreatif, dan jangan sampai kreativitas mati ditangan guru, kepada para anak didik, jangan ragu-ragu untuk berbeda pendapat, karena dalam kreativitas dimungkinkan terjadinya keberagaman. Kepada Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Isriati Moenadi Ungaran tumbuh kembangkan kreativitas anak didiknya.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kreativitas Anak Didik, Percobaan Sains
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 15 Aug 2011 01:06
    Last Modified: 15 Aug 2011 01:06

    Actions (login required)

    View Item