PERAN ORANG TUA DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR LAB SCHOOL UNNES


RESTI KARTIKA SARI , 1102414093 (2019) PERAN ORANG TUA DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR LAB SCHOOL UNNES. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PERAN ORANG TUA DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR LAB SCHOOL UNNES]
Preview
PDF (PERAN ORANG TUA DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR LAB SCHOOL UNNES) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab IV, Bagian Kedua, Pasal 7 ayat (1) dan (2). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan peran orang tua dalam penyelenggaraan pendidikan dilihat dari pelaksanaan, evaluasi, kendala hingga solusi untuk mengatasi permasalahan peran orang tua dalam penyelenggaraan pendidikan di Sekolah Dasar Lab School UNNES. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah pera orang tua dalam penyelenggaraan pendidikan dilaksanakan untuk mendidik anak agar memiliki karakter yang sesuai dengan norma dan nilai yang berlaku di masyarakat. Orang tua berhak untuk mengetahui informasi mengenai anak mereka melalui pihak sekolah. Orang tua aktif dalam organisasi sekolah seperti komite sekolah dan FORKOM (Forum Komunikasi) yang merupakan organisasi sekolah yang beranggotakan orang tua peserta didik di SD Lab School UNNES. Pengawasan dan kontrol belajar oleh orang tua kepada anak dilakukan setelah anak pulang sekolah dengan intensitas yang berbeda. Pihak sekolah memiliki hubungan kerjasama dengan orang tua yang melibatkan lembaga tempat orang tua bekerja untuk melakukan kegiatan pembelajaran yang seharusnya memiliki aturan khusus dalam bekerjasama. Fasilitas yang diberikan oleh orang tua juga bergantung pada kebutuhan anak. Belum adanya peraturan atau standar khusus untuk dilakukannya evaluasi di SD Lab School UNNES. Yang dilakukan sejauh ini hanya pengawasan terhadap peran orang tua dalam antar jemput anak. evaluasi peran orang tua, harusnya diberlakukan standar yang mengatur keterlibatan orang tua peserta didik agar lebih teratur dalam melaksanakan peran orang tua. Hambatan yang dirasakan oleh sekolah terkait waktu untuk bertemu dengan orang tua peserta didik dikarenakan kesibukan dari orang tua peserta didik. Saling mengerti antara pihak sekolah dan orang tua dapat membantu dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Solusi dalam meningkatkan peran orang tua adalah dengan membuat peserta didik merasa aman dan nyaman selama belajar di SD Lab School UNNES.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Penyelenggaraan Pendidikan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 26 Nov 2019 19:05
Last Modified: 26 Nov 2019 19:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33338

Actions (login required)

View Item View Item