PENGARUH KOMPETENSI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN TERHADAP KINERJA WIDYAISWARA MELALUI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN SEBAGAI MEDIASI


Nimas Susetyowati , 1102414076 (2019) PENGARUH KOMPETENSI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN TERHADAP KINERJA WIDYAISWARA MELALUI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN SEBAGAI MEDIASI. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH KOMPETENSI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN TERHADAP KINERJA WIDYAISWARA MELALUI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN SEBAGAI MEDIASI]
Preview
PDF (PENGARUH KOMPETENSI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN TERHADAP KINERJA WIDYAISWARA MELALUI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN SEBAGAI MEDIASI) - Published Version
Download (945kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengangkat masalah terkait dengan kinerja widyaiswara dalam mengelola pembelajaran. Beberapa hal yang melatar belakangi penelitian ini adalah adanya permasalahan yang mengindikasikan kurang optimalnya kinerja widyaiswara dalam mengelola pembelajaran. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yang menjadi fokus masalah penelitian yaitu kurangnya jumlah widyaiswara yang membidangi atau berkompeten dibidang tertentu serta Diklat untuk widyaiswara yang masih dipertanyakan keberfungsiannya oleh peneliti. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh kompetensi pengelolaan pembelajaran secara langsung terhadap kinerja widyaiswara maupun secara tidak langsung melalui Diklat sebagai mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan cara melakukan survei terhadap widyaiswara menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah sumber daya manusia bagian kelompok jabatan fungsional widyaiswara BPSDMD Provinsi Jawa Tengah. Sampel diambil dengan teknik sampling simple random sampling. Besarnya sampel ditentukan berdasarkan perhitungan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat error sampling 10% sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 37 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diberikan kepada responden dengan melalui uji validitas dan reliabilitas. Adapun analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian variabel kompetensi pengelolaan pembelajaran secara langsung terhadap kinerja widyaiswara menunjukkan nilai thitung > ttabel = 2,277 > 1,689 dengan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,029 < 0,05 dan nilai koefisien yang diperoleh sebesar 0,460 (positif), artinya terdapat pengaruh langsung yang positif dan signifikan antara kompetensi pengelolaan pembelajaran terhadap kinerja widyaiswara. Sedangkan hasil penelitian untuk variabel kompetensi pengelolaan pembelajaran terhadap kinerja widyaiswara secara tidak langsung melalui Diklat menunjukkan nilai thitung > ttabel = 2,009 > 1,689 dengan nilai one-tailed probability sebesar 0,022 < 0,05 dan koefisien mediasi sebesar 0,246 (positif), artinya terdapat pengaruh tidak langsung yang positif dan signifikan antara kompetensi pengelolaan pembelajaran terhadap kinerja widyaiswara melalui Diklat. Dengan demikian disimpulkan bahwa tinggi rendahnya kompetensi pengelolaan pembelajaran dapat dijelaskan secara langsung oleh kinerja widyaiswara maupun secara tidak langsung melalui Diklat. Oleh karena itu, diharapkan pihak BPSDMD Provinsi Jawa Tengah berupaya untuk terus meningkatkan kinerja widyaiswara dengan memperhatikan kompetensi dan Diklat untuk widyaiswara serta diharapkan kepada widyaiswara untuk senantiasa meningkatkan kesadaran akan pentingnya kompetensi dan Diklat untuk meningkatkan kinerjanya dalam mengelola pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kompetensi pengelolaan pembelajaran, Diklat, kinerja widyaiswara
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 26 Nov 2019 16:51
Last Modified: 26 Nov 2019 16:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33334

Actions (login required)

View Item View Item