PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRABBLE AKSARA JAWA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA JAWA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KRATONAN NO. 3 SURAKARTA
IRA CUCU CIDAR , 1102414075 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRABBLE AKSARA JAWA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA JAWA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KRATONAN NO. 3 SURAKARTA. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRABBLE AKSARA JAWA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA JAWA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KRATONAN NO. 3 SURAKARTA)
- Published Version
Download (871kB) | Preview |
Abstract
Media pembelajaran adalah salah satu produk teknologi pendidikan yang digunakan untuk mempermudah proses penyampaian pesan/materi yang ingin disampaikan dalam proses pembelajaran oleh guru kepada siswa. Berdasarkan hasil analisis di SD Negeri Kratonan No. 3 Surakarta diketahui bahwa proses pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Jawa di kelas 4 menggunakan metode ceramah dan media yang tidak bervariasi sehingga berdampak pada belum maksimalnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran scrabble aksara Jawa (siraja) serta mengetahui efektivitas media pembelajaran siraja untuk kelas 4 sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu anaysis, design, development, implementation, dan evaluation. Sampel yang digunakan adalah 30 siswa kelas 4A sebagai kelas kontrol dan 30 siswa kelas 4B sebagai kelas eksperimen. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran siraja layak untuk digunakan dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran aksara Jawa kelas 4. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji kelayakan media oleh ahli media yang menunjukkan rata-rata sebesar 86,7% dan uji kelayakan ahli materi didapatkan hasil 80,6% dengan kriteria sangat baik dan layak digunakan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain eksperimen sejati (true experimental design), bentuk yang digunakan adalah posttest-only control design. Hasil hipotesis dengan menggunakan independent t test diperoleh nilai sig 2- tailed (Equal variances assumed) adalah 0,<α=0,05 maka terdapat pengaruh yang signifikan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Hasil rata-rata post test kelompok eksperimen yaitu 80,4 sedangkan hasil rata-rata post test kelompok kontrol, yaitu 67,2. Simpulan dari hasil penelitian ini yaitu media pembelajaran siraja dapat dikatakan efektif digunakan dalam pembelajaran aksara Jawa mata pelajaran Bahasa Jawa pada siswa kelas 4 SD Negeri Kratonan No. 3 Surakarta. Saran yang disampaikan berdasarkan penelitian ini (1) perlunya pengembangan media pembelajaran siraja dalam pembelajaran aksara Jawa sehingga dapat memaksimalkan hasil belajar siswa, (2) guru seharusnya meluangkan waktu untuk mempersiapkan pembelajaran yang menarik sehingga pembelajaran di kelas menarik dan maksimal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Media Pembelajaran; Scrabble; aksara Jawa |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 26 Nov 2019 16:52 |
Last Modified: | 26 Nov 2019 16:52 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33333 |
Actions (login required)
View Item |