EVALUASI PELAKSANAAN PPL MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN 2018 OLEH PEJABAT FUNGSIONAL PENGEMBANG TEKNOLOGI PEMBELAJARAN DI BALAI PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN (BPMPK)


Fitri Nur Annisaa , 1102414070 (2019) EVALUASI PELAKSANAAN PPL MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN 2018 OLEH PEJABAT FUNGSIONAL PENGEMBANG TEKNOLOGI PEMBELAJARAN DI BALAI PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN (BPMPK). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of EVALUASI PELAKSANAAN PPL MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN 2018 OLEH PEJABAT FUNGSIONAL PENGEMBANG TEKNOLOGI PEMBELAJARAN DI BALAI PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN (BPMPK)]
Preview
PDF (EVALUASI PELAKSANAAN PPL MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN 2018 OLEH PEJABAT FUNGSIONAL PENGEMBANG TEKNOLOGI PEMBELAJARAN DI BALAI PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN (BPMPK)) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan dasar PERMENPAN No 02 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran (JF-PTP) yang sudah di reformasi dalam Permenpan No 28 Tahun 2017. Penyebaran PF-PTP di Jawa Tengah paling banyak ada di Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan (BPMPK) sebanyak 7-8 orang. BPMPK memiliki tugas yang mendukung peran JF-PTP sebagai fasilitator untuk tenaga pendidik dan calon-calon tenaga pendidik, salah satunya melalui magang atau PPL di BPMPK. Banyak jurusan yang diterima untuk PPL di BPMPK, namun JF-PTP memberikan perhatian yang lebih pada jurusan Teknologi Pendidikan karena memiliki bidang garapannya sesuai dengan JF-PTP khususnya pada konsentrasi pengembang teknologi pembelajaran. Pada penelitian ini peneliti memiliki fokus pada evaluasi pelaksanaan PPL mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan terkait fasilitasi yang diberikan oleh PF-PTP untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program PPL di BPMPK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi partisipan, observasi, dan wawancara. Peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber dengan membandingkan data yang diperoleh dari narasumber satu dengan narasumber yang lain dan triangulasi metode dengan mengecek kesamaan informasi yang didapat dari wawancara dan observasi, begitu juga sebaliknya. Analisis data yang peneliti gunakan adalah model Miles dan Huberman (1984) dengan aktivitas yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap perencanaan dilaksanakan secara sistematis namun banyak pihak yang belum terlibat padahal memiliki andil dalam pelaksanaan PPL sehingga perencanaan kurang maksimal. Pada tahap pelaksanaan, PF-PTP memberikan fasilitasi yang sangat memadai mulai dari pembimbingan hingga sarana dan prasarana yang ada di BPMPK. Pada tahap evaluasi, ada beberapa hal yang mendukung pelaksanaan PPL seperti kerjasama seluruh pihak yang terlibat serta ada hal yang menyulitkan yaitu ketika mahasiswa PPL kurang mau aktif selama melaksanakan PPL dan memiliki kompetensi yang kurang sesuai dengan bidang BPMPK sehingga pelaksanaan PPL pun kurang maksimal. BPMPK mengharapkan ke depannya pihak Unnes khususnya Jurusan Teknologi Pendidikan untuk menempatkan mahasiswa dengan kompetensi dan konsentrasi yang sesuai dengan BPMPK yaitu pengembangan teknologi pembelajaran. Ketiga tahap tersebut telah dilaksanakan dengan baik meskipun belum secara maksimal. Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan terhadap peran serta dan kerja sama semua pihak agar pelaksanaan PPL di BPMPK dapat berjalan secara maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pelaksanaan PPL, Mahasiswa TP, PF-PTP BPMPK
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 26 Nov 2019 16:10
Last Modified: 26 Nov 2019 16:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33332

Actions (login required)

View Item View Item