FENOMENOLOGI GURU DALAM PROGRAM PEMBELAJARAN BILINGUAL DI SD ISLAM BILINGUAL ANNISA SEMARANG


Reza Ulfa Rosiana , 1102414066 (2019) FENOMENOLOGI GURU DALAM PROGRAM PEMBELAJARAN BILINGUAL DI SD ISLAM BILINGUAL ANNISA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of FENOMENOLOGI GURU DALAM PROGRAM PEMBELAJARAN BILINGUAL DI SD ISLAM BILINGUAL ANNISA SEMARANG]
Preview
PDF (FENOMENOLOGI GURU DALAM PROGRAM PEMBELAJARAN BILINGUAL DI SD ISLAM BILINGUAL ANNISA SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Nationmaster (2010) dalam Artini (2013) mengungkapkan fakta bahwa sekitar 479 juta orang merupakan penutur asli bahasa Inggris dan lebih dari 700 juta merupakan orang yang mampu berbahasa Inggris sebagai bahasa kedua maupun bahasa asing. Hal ini berdampak pada antusiasme yang tinggi terhadap keberadaan sekolah bilingual dalam tatanan masyarakat modern saat ini, dan telah menjadi tren serta prestise tersendiri bagi para orang tua. Meningkatnya jumlah sekolah bilingual terutama dikota-kota besar di Indonesia kemudian menimbulkan sejumlah pertanyaan mengenai kesiapan sekolah dalam memberikan layanan pendidikan terbaik mereka. Tak terkecuali SD Islam Bilingual Annisa yang juga menerapkan program pembelajaran bilingual sebagai program unggulan. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan pemaknaan dari program pembelajaran bilingual di SDIB Annisa bagi para guru serta mengetahui faktorfaktor apa saja yang dapat mempengaruhi kinerja guru bilingual. Penelitian ini menggunakan desain penelitian fenomenologi dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling yang meliputi Kepala Sekolah, Guru Bilingual dan Koordinator Tim Bilingual. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tahapan analisis fenomenologi interpretatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para guru menilai baik keberadaan program pembelajaran bilingual di SDIB Annisa berdasarkan pada kondisi latar belakang sekolah, sumber daya guru dalam program pembelajaran bilingual, penilaian terhadap implementasi program, serta kendala, kritik dan saran terkait program bilingual. Selain itu, para guru memaknai keberadaan program pembelajaran bilingual di SDIB Annisa sebagai program inovasi, wadah meningkatkan kompetensi guru, solusi nyata urgensi keterampilan berbahasa Inggris, dan program bilingual sebagai tuntutan karena beban ganda yang dimiliki oleh seorang guru bilingual. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru dalam implementasi program pembelajaran bilingual di SDIB Annisa diantaranya meliputi latar belakang pribadi, keterampilan yang dimiliki, dan penilaian diri sebagai guru bilingual. Maka, saran yang dapat peneliti rekomendasikan berkaitan dengan temuan penelitian ini yakni bagi pelaksana kebijakan sekolah, perlu mengkaji lebih lanjut terkait kebijakan implementasi program pembelajaran bilingual di SD Islam Bilingual Annisa, terutama dalam hal pelaksanaan dan evaluasi program. Selain itu, kerjasa sama dari seluruh komponen pelaksana program penting adanya untuk menciptakan lingkungan sekolah yang bilingual melalui social language (pembiasaan percakapan dalam bahasa Inggris).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Makna, Guru Bilingual, Program Pembelajaran Bilingual
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 26 Nov 2019 16:11
Last Modified: 26 Nov 2019 16:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33331

Actions (login required)

View Item View Item