EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INTRODUCE, CONNECT, APPLY, REFLECT, EXTEND DAN EXPLICIT INSTRUCTION PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA


Mohammad Nadhif , 1102414035 (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INTRODUCE, CONNECT, APPLY, REFLECT, EXTEND DAN EXPLICIT INSTRUCTION PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INTRODUCE, CONNECT, APPLY, REFLECT, EXTEND DAN EXPLICIT INSTRUCTION PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INTRODUCE, CONNECT, APPLY, REFLECT, EXTEND DAN EXPLICIT INSTRUCTION PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pada hasil belajar simulasi dan komunikasi digital antara kelompok eksperimen siswa yang menggunakan model pembelajaran Introduce, Connect, Apply, Reflect, Extend dengan kelompok kontrol siswa yang menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Multimedia SMK N 8 Semarang tahun 2018/2019 yang terbagi dalam tiga kelas. Karena populasinya telah terbagi dalam kelas-kelas sehingga penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-test post-test control grup desain dan terpilihnya siswa kelas X MM 2 sebagai kelas eksperimen, dan siswa kelas X MM 1 sebagai kelas kontrol. Dari hasil nilai pretest sebagai kemampuan awal belajar siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berdasarkan hasil uji Independent Sample T-Test dengan hasil 3,525 sedangkan hasil 0,108. Hal ini berarti 0,108 > 0,05 maka Ho diterima. Diterimanya Ho menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai posttest antara hasil belajar kelompok ekseperimen dan kelompok kontrol berbeda dengan 3,524, 0,001 sehingga Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian (Ha) yang menyatakan ada perbedaan rata-rata hasil belajar nilai posttest siswa pada kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol setelah diberikan perlakuan dengan hal ini maka dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran, Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 26 Nov 2019 16:12
Last Modified: 26 Nov 2019 16:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33330

Actions (login required)

View Item View Item