Keefektifan Penggunaan CD MPI Embriologi Pada Mata Pelajaran Biologi Untuk Siswa Kelas II Semester 2 SMA N 4 Semarang Tahun Pelajaran 2005


Erni Saraswati, 1124000043 (2005) Keefektifan Penggunaan CD MPI Embriologi Pada Mata Pelajaran Biologi Untuk Siswa Kelas II Semester 2 SMA N 4 Semarang Tahun Pelajaran 2005. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Penggunaan CD MPI Embriologi Pada Mata Pelajaran Biologi Untuk Siswa Kelas II Semester 2 SMA N 4 Semarang Tahun Pelajaran 2005]
Preview
PDF (Keefektifan Penggunaan CD MPI Embriologi Pada Mata Pelajaran Biologi Untuk Siswa Kelas II Semester 2 SMA N 4 Semarang Tahun Pelajaran 2005) - Published Version
Download (21kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan CD MPI dalam pembelajaran, pendapat siswa tentang penggunaan CD MPI dalam pembelajaran, serta pengaruh penggunaan CD MPI terhadap kondisional pembelajaran siswa kelas II semester II SMA N 4 Semarang tahun pelajaran 2005. Selanjutnya, untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan pengumpulan data melalui metode tes sebagai instrumen pokok, serta dokumentasi, observasi, dan angket sebagai instrumen pendukung. Metode tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pokok bahasan Embriologi mata pelajaran Biologi, dokumentasi digunakan untuk memperoleh data pribadi dan nilai siswa, observasi dilakukan untuk mendapatkan data mengenai kondisional pembelajaran siswa, sedangkan angket digunakan untuk mengetahui pendapat siswa tentang penggunaan CD MPI dalam pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II semester 2 SMA N 4 Semarang tahun pelajaran 2005. Sesuai dengan pola penelitian yang digunakan, yaitu Matched Group Design, maka sampel dalam penelitian ini diambil melalui purposive sampling, yaitu pengambilan sampel yang didasarkan tujuan tertentu. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas II-7 sebagai kelompok eksperimen dan II-9 sebagai kelompok kontrol, masing-masing sejumlah 20 orang siswa, setelah melalui prosedur matching. Sebelum instrumen digunakan sebagai alat pengumpul data, terlebih dahulu dilakukan ujicoba instrumen. Ujicoba instrumen dilakukan di kelas II-2 SMA N 4 Semarang tahun pelajaran 2005. Berdasarkan hasil ujicoba validitas dan reliabilitas tes dari sejumlah 60 butir soal, 49 butir dinyatakan valid, sedangkan 11 butir lainnya dinyatakan tidak valid. 49 butir soal yang dinyatakan valid tersebut digunakan sebagai instrumen penelitian. Untuk reliabilitas, diperoleh r11 = 0.903 > rtabel = 0.304, sehingga instrumen penelitian dinyatakan variabel. Untuk mengetahui keefektifan antara pembelajaran dengan menggunakan CD MPI Embriologi dan pembelajaran tanpa menggunakan CD MPI Embriologi, peneliti menggunakan analisis uji-t. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh thitung sebesar 3.56095 dan ttabel untuk dk = (nk-1) + (ne-1) dan taraf nyata 5% sebesar 2.03 yang berarti thitung > ttabel dengan mean kelompok eksperimen sebesar 8.65 (A) lebih besar dari mean kelompok kontrol sebesar 7.46 (C). Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa CD MPI sangat efektif digunakan dalam pembelajaran siswa. Kesimpulan lain yang dapat disarikan dari perhitungan tersebut adalah, terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran dengan menggunakan CD MPI dan pembelajaran tanpa menggunakan CD MPI, serta memberikan kontribusi bahwa pembelajaran dengan mengunakan CD MPI lebih baik dalam rangka upaya meningkatkan hasil belajar, sikap dan perilaku belajar siswa, serta situasi belajar yang kondusif pada mata pelajaran Biologi pokok bahasan Embriologi. Saran bagi pihak sekolah, hendaknya dapat lebih meningkatkan lagi pengadaan sarana pembelajaran interaktif menggunakan CD MPI (baik secara materiil maupun immateriil), karena telah terbukti efektif meningkatkan hasil belajar siswa, serta membentuk sikap dan perilaku belajar siswa, dalam rangka situasi belajar yang kondusif. Untuk penelitian lebih lanjut guna memperkuat hasil yang telah dicapai, disarankan untuk memperluas jangkauan sampel penelitian yang tidak terbatas pada wilayah tertentu, akan tetapi mencakup wilayah yang lebih luas, sehingga hasil penelitian dapat bersifat umum. Disamping itu, perlu adanya kesempatan menemu-kembangkan ide-ide baru tentang pembelajaran interaktif menggunakan CD MPI, misalnya dengan mengujicobakan penelitian ini di tempat lain, pada mata pelajaran dan pokok bahasan yang berbeda untuk mendapatkan kesimpulan yang akurat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Penggunaan CD MPI Embriologi, mata pelajaran Biologi.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2011 05:02
Last Modified: 25 Apr 2015 05:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3333

Actions (login required)

View Item View Item