KEEFEKTIFAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FOTOGRAFI KELAS XI MULTIMEDIA SMK BAGIMU NEGERIKU SEMARANG
Ilham Aulia Rohman , 1102414019 (2019) KEEFEKTIFAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FOTOGRAFI KELAS XI MULTIMEDIA SMK BAGIMU NEGERIKU SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FOTOGRAFI KELAS XI MULTIMEDIA SMK BAGIMU NEGERIKU SEMARANG)
- Published Version
Download (625kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Proses pembelajaran yang belum optimal dikarenakan guru yang masih menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang optimal. Dalam penelitian ini yang menjadi fokus penelitian adalah keefektifan model pembelajaran Creative Problem Solving untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fotografi materi pengoprasian kamera digital. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan one group pretest posttest design only design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Multimedia SMK Bagimu Negeriku Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Subyek penelitian ini adalah siswa XI Multimedia SMK Bagimu Negeriku yang dipilih dengan teknik sampling purposive dengan cara total sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes (pretest dan posttest), dan dokumentasi. Berdasarkan hasil uji efektivitas dengan menggunakan uji N-Gain. Hasil uji N-Gain menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar sebesar 0,56 termasuk pada kategori sedang. Dengan hasil tersebut, maka pembelajaran dapat dikatakan berjalan dengan baik karena adanya peningkatan hasil belajar. Sehingga model Creative Problem Solving pada kelas eksperimen efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kemudian berdasarkan hasil uji paired sample t test dengan program SPSS, dapat dilihat bahwa output dari data pretest dan posttest. Untuk nilai pretest diperoleh rata-rata hasil belajar yakni 32.8, sedangkan untuk nilai posttest diperoleh nilai rata-rata hasil belajar sebesar 70,84. Jumlah responden atau siswa yang dijadikan sampel sebanyak 25 orang siswa. Kemudian diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Creative Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fotografi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keefektifan, Model Creative Problem Solving, Hasil Belajar |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | mahargjo hapsoro adi |
Date Deposited: | 26 Nov 2019 16:17 |
Last Modified: | 26 Nov 2019 16:17 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33328 |
Actions (login required)
View Item |