EFEKTIVITAS METODE KAIDAH DAQU DI PENDIDIKAN HAFIZ SD DAARUL QUR’AN SEMARANG


Joko Wiyono , 1102414015 (2019) EFEKTIVITAS METODE KAIDAH DAQU DI PENDIDIKAN HAFIZ SD DAARUL QUR’AN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of EFEKTIVITAS METODE KAIDAH DAQU DI PENDIDIKAN HAFIZ SD DAARUL QUR’AN SEMARANG]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS METODE KAIDAH DAQU DI PENDIDIKAN HAFIZ SD DAARUL QUR’AN SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada saat ini banyak kesulitan yang dihadapi siswa dalam belajar. Hal ini disebabkan karena proses belajar di dalam kelas yang begitu-begitu saja, sehingga siswa merasa jenuh untuk belajar. Supaya merangsang minat belajar sekaligus mempermudah belajar diperlukan metode pembelajaran yang tepat, efektif dan efisien untuk menunjang peningkatan hasil belajar peserta didik. Dalam penelitian ini yang menjadi fokus penelitian adalah mata pelajaran Tahsin Tahfidz Al Qur’an dalam metode Kaidah Daqu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan model rancangan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas II SD Daarul Qur’an Semarang tahun pelajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini adalah peserta didik SD Daarul Qur’an Semarang yang dipilih dengan teknik sampling purposive dengan cara random sampling dan didapat kelas II SD Daarul Qur’an Semarang sebagai sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes (pretest dan posttest), dan dokumentasi. Berdasarkan hasil uji efektivitas dengan menggunakan uji N-Gain. Hasil uji N-Gain menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar sebesar 0,53 termasuk pada kategori sedang. Dengan hasil tersebut, maka pembelajaran dapat dikatakan berjalan dengan baik karena adanya peningkatan hasil belajar. Sehingga metode Kaidah Daqu untuk kelas eksperimen efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kemudian berdasarkan hasil uji one sample t test dengan taraf signifikasi 0,05, jika p-value (sig) < α = 0,05 maka Ha diterima, sedangkan untuk kondisi lainnya Ho ditolak. Berdasarkan output one sample t test diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,789 > 0,05, maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan diatas dapat disimpulkan bahwa Ho diterima dan Ha tolak. Dengan demikian, dapat diartikan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa menggunakan metode Kaidah Daqu sebesar nilai 70. Selanjutnya output hasil dari uji paired sample t test diketahui bahwa Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Karena Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Kaidah Daqu efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaranTahsin Tahfidz Al Qur’an.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Metode Kaidah Daqu, Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 26 Nov 2019 16:27
Last Modified: 26 Nov 2019 16:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/33326

Actions (login required)

View Item View Item